Selasa, 12 November 2019 13:41

Perkiraan Cuaca Bandung Raya Tiga Hari ke Depan

Reporter : Fery Bangkit 
Polres Cimahi Saat Diguyur Hujan  Selasa (12112019)
Polres Cimahi Saat Diguyur Hujan Selasa (12112019) [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, dalam tiga hari ke depan Bandung Raya akan disuguhkan beragam cuaca. Termasuk cuaca hujan. Untuk itu, pihaknya memperingatkan masyarakat akan anomali cuaca selama beberapa hari ke depan dalam musim peralihan.

"Untuk wilayah Bandung Raya cuaca masih beragam. Saat pagi umumnya cuaca cerah, tetapi di siang dan malam hari berpotensi hujan ringan hingga deras," ujar Tony saat dihubungi, Selasa (12/11/2019).

Pihaknya memprediksi adanya potensi hembusan angin kencang skala lokal, di wilayah sekitar 1 kilometer persegi dalam waktu singkat, sekitar 10 menit. "Karena ada potensi terbentuk awan cumulonimbus atau awan gelap berlapis, yang berpotensi menyebabkan angin kencang skala lokal di siang hingga sore hari, bahkan bisa sampai angin puting beliung," jelasnya.

Beberapa hari belakangan, kondisi cuaca di Bandung Raya, terasa lebih panas dan kelembaban lebih meningkat. Menurut Tony hal tersebut lumrah terjadi menjelang turunnya hujan. "Itu fenomena yang biasa dialami ketika awan di langit terlihat hitam, yang merupakan pertanda akan turun hujan. Jadi lingkungan sekitar akan terasa panas karena awan melepaskan kalor," katanya.

Saat ini, kata Tony, meskipun hujan belum terjadi secara kontinu dan merata namun sudah melewati musim peralihan dan masuk di awal musim hujan. "Sudah masuk musim hujan, tapi masih di awal. Jadi belum terjadi secara berkesinambungan," tandasnya.

Baca Lainnya