Selasa, 21 Februari 2023 12:30

Peringatan Isra Mi’raj Momen Tingkatkan Ilmu dan Ibadah

Penulis : Bubun Munawar
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nuhrahawan memberikan sambutan Peringtatan Isra Mi'raj di Masjid Assalam, Selasa (21/2/2023)
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nuhrahawan memberikan sambutan Peringtatan Isra Mi'raj di Masjid Assalam, Selasa (21/2/2023) [Humas]

Limawaktu.id,- Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah menyelenggarakan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tingkat Kota Cimahi tahun 1443 H / 2023 M, Selasa (21/2/2023).

Kegiatan ini berlangsung di Masjid As-Salam Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi Jl. Rd. Demang Hardjakusumah Blok Jati, Cihanjuang Kota Cimahi, Senin (20/02), dengan dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nurgahawan serta penceramah Ustadz Ramdan Juniarsyah (Ustadz Daway).

Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan  menyebut,  momen Isra Mi’raj adalah kesempatan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sekaligus momen untuk memperkuat tali silaturahim umat Islam.

Menurutnya, Peringatan Isra Mi’raj sangatlah dibutuhkan dalam rangka meningkatkan ilmu serta kualitas ibadah dan juga untuk membangun tali Ukhuwwah Islamiyah, sebab dengan terjalinannya persaudaraan yang kuat yang dilandasi aqidah dan iman serta berdasarkan agama yang murni akan mampu mempersatukan umat Islam khususnya di Kota Cimahi.

Ia juga menyebut salah satu hikmah Isra Mi’raj yang  paling  penting  adalah tentang kewajiban shalat lima waktu, yang allah perintahkan langsung kepada Nabi Muhammad SAW. Menurutnya sholat yang khusyu akan mengantarkan kedisiplinan dan ketertiban dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,

“Jika kita menjalankan sholat dengan khusyu dan benar maka akan mengantarkan kita kepada keteraturan, kedisiplinan, dan istiqomah dalam melaksanakan proses kehidupan sehari-hari,” tutur Dikdik.

Dikdik mengajak seluruh masyarakat Kota Cimahi untuk dapat memaknai nilai-nilai Isra Mi'raj sebagai bagian dari revolusi mental karakter bangsa, utamanya dalam memantapkan karakter bangsa kita sebagai bangsa yang memiliki potensi, yang memiliki talenta individual yang kuat daya intelektual dan pikirannya, serta memiliki jiwa mandiri dan spirit untuk berdikari dan mandiri.

“Mari kita terus perkuat restorasi sosial sebagai pilar guna mewujudkan masyarakat cimahi yang rukun, damai, bermoral dan berbudaya, serta mampu menjaga perbedaan dalam kota yang majemuk,” pungkasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Perangkat Daerahdi lingkungan PemerintahDaerah Kota Cimahi, Unsur Forkopimda Kota Cimahi, Ketua MUI Kota Cimahi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cimahi, Perwakilan dari Instansi Vertikal, Ulama, Pimpinan Pondok Pesantren, Ketua Organisasi Masyarakat dan Lembaga Islam serta Lembaga Kemasyarakatan.

 

Baca Lainnya