Selasa, 20 Februari 2024 16:46

Perhitungan Suara Pemilu se Kota Cimahi Baru Dilakukan di 12 Kelurahan

Penulis : Bubun Munawar
Penghitungan Suara Pemilu 2024 untuk PPK Cimahi Selatan berlangsung di Basement Cimahi Technopark, Selasa (20/2/2024)
Penghitungan Suara Pemilu 2024 untuk PPK Cimahi Selatan berlangsung di Basement Cimahi Technopark, Selasa (20/2/2024) [Limawaktu.id]

Limawaktu.id,  Kota Cimahi - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cimahi Selatan menggelar pleno rekapitulasi di lantai bawah (basement) Techno Park Kota Cimahi. 

Pantauan Limawaktu.id, di  Cimahi Technopark,  rekapitulasi Penghitungan Suara yang dilakukan PPK Cimahi Selatan, hanya dilakukan untuk empat PPS  yaitu PPS Kelurahan Cibeber,  PPS  Kelurahan Leuwigajah, PPS Kelurahan Cibeureum dan PPS Kelurahan Melong.

Koordinator Divisi Tekhnik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi Yosi Sundansyah menyebutkan, sesuai dengan hasil koordinasi antara KPU dengan Bawaslu, rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 20204 di Kota Cimahi di masing-masing Kecamatan baru dilakukan untuk 4 panel  (kelurahan) terlebih dahulu, karena adanya keterbatasan tenaga pengawasan yang dimiliki Bawaslu Kota Cimahi.

“Penghitungan memang baru dilakukan untuk 4 panel baik di Kecamatan Cimahi Utara, Kecamatan Cimahi Tengah dan Kecamatan Cimahi Selatan, karena kami tidak ingin pada saat penghitungan tidak ada tenaga pengawas yang memantau pelaksanaan rekapitulasi di PPK,” kata Yosi, saat dihubungi, Selasa (20/2/2024).

Sementara ini,  Rekapitulasi untuk PPS Utama hingga Selasa ini  belum dilakukan, karena 4 TPS di kelurahan tersebut bermasalah. Empat TPS yakni TPS 60, TPS 05, TPS 06, dan TPS 07 akan dilakukan pemilihan suara ulang (PSU) dan Pemilu lanjutan pada sabtu, 24 Februari 2024.

Pleno rekapitulasi oleh PPK Cimahi Utara dilakukan untuk hasil penghitungan perolehan suara di 4 PPS yakni Kelurahan Padasuka, Baros, Cigugur Tengah, dan Setiamanah. Sedangkan 2 PPS lainnya yakni Kelurahan Cimahi dan Karangmekar belum dilakukan Pleno.

Berdasarkan laporan Panwaslu Kecamatan yang mengikuti proses rekapitulasi pada hari pertama, hasil rekapitulasi adalah sebagai berikut:

Berdasarkan hasil Pleno Rekapitulasi tingkat kecamatan pada hari pertama, secara keseluruhan baru ada 76 dari 1.560 TPS yang selesai dihitung atau baru sekitar 0, 04 persen.

 

Baca Lainnya