Jumat, 22 April 2022 14:06

Percepat Pencairan Belanja, Pemkot Cimahi Luncurkan SP2D Online

Reporter : Bubun Munawar
Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana melakukan Peluncuran SP2D Online melalui aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah)
Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana melakukan Peluncuran SP2D Online melalui aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah) [Instagram]

Limawaktu.id,- Pemerintah kota Cimahi melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) meluncurkan aplikasi Uptodate dan SP2D Online yang mensinergikan data pengelolaan keuangan daerah, diawali dengan integrasi antara aplikasi SIM GAJI PT. Taspen dengan aplikasi Simakci BKPSDMD Kota Cimahi.

Peluncuran SP2D Online melalui aplikasi SIPD dan Aplikasi Uptodate dilakukan oleh Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn.) Ngatiyana didampingi Kepala BPKAD Kota Cimahi Drg. Chanifah Listyarini, Kepala BKPSDMD Kota Cimahi dan Branch Manager PT. Taspen Bandung Andi Purwadi, bertempat di Hotel Holiday Inn Kamis (21/04/2022).

Peluncuran SP2D Online melalui aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah) ini bertujuan untuk memudahkan percepatan proses pencairan belanja di masing-masing perangkat daerah sehingga terwujud efisiensi, kecepatan dan transparansi dalam proses pelaksanaan transaksi belanja daerah, yang dalam hal ini Pemerintah Kota Cimahi bekerja sama dengan Bank Jabar Banten (BJB) dan Kemendagri.

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin  mengatakan, Integrasi ini mencakup mulai perencanaan, penganggaran hingga evaluasinya.

Menurut Syarifuddin, dalam implementasi percepatan ini terdapat peran kepala daerah selaku wakil pemerintah pusat. Khususnya dalam hal penyusunan dan pengawalan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sejak awal.

Dirinya menambahkan, apa yang telah dilaksanakan oleh Pemprov Jatim ini bisa menjadi role model di daerah-daerah lainnya.

“Saya mohon jangan main-main dengan APBD, kita harus memahami dasar hukum yang ada,” tegasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer