Jumat, 29 Juni 2018 20:09

Percepat Pelayanan, Disdukcapil Kota Cimahi Luncurkan One Day Service

Reporter : Fery Bangkit 
Tempat Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi.
Tempat Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Pelayanan administrasi kependudukan di Kota Cimahi kini semakin dipermudah.

Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi sekarang telah memiliki 'one day service'. Pelayanan tersebut bertujuan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat Kota Cimahi yang hendak mengurus dokumen kependudukan.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hidasyah mengatakan, pelayanan tersebut bisa dipercepat lantaran pihak disdukcapil Kota Cimahi melakukan pelayanan on the spot melalui pelayanan mobil Disdukcapil keliling, terutama ke setiap kelurahan.

"Itu sudah dilaksanakan, tapi untuk yang lain juga seperti pemutahiran Kartu Keluarga (KK) lama menjadi baru juga sudah dilaksanakan dalam sehari selesai," ujar Ade saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuamah, Jumat (29/6/2018).

Ia mengatakan, dalam program tersebut Sisdukcapil Kota Cimahi telah menyiapkan tanda tangan, sehingga masyarakat bisa langsung dilayani dan masyarakat bisa menerima KK itu dalam satu hari.

"Jadi masyarakat tidak usah lagi ambil kesini dan mengurus segala macamnya karena untuk KK memang masuk dalam program ini," jelasnya.

Menurutnya, program tersebut bukan inovasi baru dan sudah dimulai sejak tahun 2016, namun saat itu ada kendala blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang bermasalah.

"Jadi kita belum melaksanakan secara penuh karena ada permasalahan dalam blanco KTP, tapi setelah blanko KTP sudah lancar sekarang dikaksanakan kembali," kata Ade.

Untuk perekaman dan pencetakan KTP Elektronik tahun 2018, kata dia, saat ini bisa dilaksanakan dan bisa selesai dalam satu hari.

"Jadi di Kecamatan direkam dan bisanya bisa diambil keesokan harinya karena menunggu banyak, tapi sekarang bisa direkam dan langsung dicetak disini sehingga bisa selesai satu hari," ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya jug bisa mempercepat pembuatan dokumen kependudukan untuk disabilitas dan lansia yang bisa diselesaikan dalam satu hari.

Untuk masayarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukan melalui one day service harus menyiapakan perlengkapan secara lengkap agar bisa dilaksanakan dalam satu hari.

"Kalau masyarakat mengurusnya melalui perantara atau calo yang meminta ongkos dan sebagainya itu bukan tanggung jawab kami, karena disdukcapil itu programnya semuanya gratis," katanya.

Hal tersebut, kata dia, sesuai undang-undang nomor 22 tahun 2014 yang menyatakan bahwa semua pelayanan Disdukcapil gratis.

Baca Lainnya