Sabtu, 6 Januari 2018 10:49

Percantik Wajah Kota, DPKP Kota Cimahi Gelontorkan Anggaran Rp 2,8 M

Ditulis Oleh Fery Bangkit 
Taman di Jalan Pabrik Aci Cimahi.
Taman di Jalan Pabrik Aci Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Untuk mempercantik wajah kota, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi telah membuat belasan taman baru di area jalan dan lingkungan sepanjang tahun 2017. Selain itu, revitalisasi sejumlah taman yang ada pun dilakukan.

Untuk membuat taman baru, DPKP menggelontorkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi mencapai Rp 1,2 miliar.

Taman Trotoar di jalan Cibaligo, Cimahi.
Taman Trotoar di jalan Cibaligo, Cimahi. [Limawaktu]

Tercatat ada sekitar 14 taman baru yang dibangun. Di antaranya di Jalan Gempol Sari, Cibaligo, Sriwijaya, Nanjung-Kerkof, Sindang Sari, Pabrik Aci, di area sepiteng komunal RW 8 Pasirkaliki dan RW 11 Cibabat, taman di Pasirkaliki serta lima taman lingkungan.

Sementara untuk merevitalisasi sejumlah taman, anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 1,6 miliar.

Di antaranya untuk merevitalisasi Taman Kartini, taman di Jalan Amir Mahmud, Mahar Martanegara, Gatot Subroto, Baros, Plaza Rakyat, Underpass Cibabat, Rusunawa Melong dan Bundaran Leuwigajah.

"Pembuatan taman dan revitalisasi taman beres semua sesuai kontrak," kata Mira Nurmeita Gantini, Kepala Seksi Pertamanan dan Dekorasi DPKP Kota Cimahi, Jum'at (5/1/2018).

Dikatakannya, konsep untuk pembangunan taman baru ialah lebih penguatan terhadap kontruksi. Minimal, kontruksi taman yang dibangun bisa bertahan hingga 10 tahun ke depan. Perihal estetikanya, pihaknya memasukan unsur dekoratif di dalamnya.

Dijelaskannya, pembangunan dan revitalisasi taman di Cimahi bertujuan untuk memperindah wajah Kota Cimahi. Terutama di wilayah-wilayah yang selama ini dianggap minim penghijauan.

"Selain tentunya untuk mengurangi pencemaran udara," ucap Mira.

Setelah taman-taman selesai dibangun dan direvitalisasi, maka selanjutnya DPKP akan konsen terahdap pemeliharaan taman. Termasuk menambahkan tanaman-tanaman di taman yang baru maupun yang sudah ada.

"Kalau pemeliharaan rutin. Tiap hari kita siram," tandasnya. (kit)