Kamis, 9 Mei 2024 20:35

Perayaan Tiga Tahun Kepemimpinan Dadang Supriatna: Capaian Gemilang dan Penghargaan untuk Kabupaten Bandung

Penulis : Iman
Perayaan Tiga Tahun Kepemimpinan Dadang Supriatna
Perayaan Tiga Tahun Kepemimpinan Dadang Supriatna [Istimewa]

Kab. Bandung, - Dadang Supriatna, Bupati Kabupaten Bandung, dihadiahi kejutan berupa kue tart cokelat dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bulanan di Gedung Moch Toha, Jumat (26/4/2024) sore. Meskipun bukan ulang tahun Bupati, namun kejutan ini memiliki makna tersendiri.

Kue tart tersebut disajikan sebagai peringatan tiga tahun kepemimpinan Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bandung sejak dilantik pada 26 April 2021 lalu. Hari itu, pasangan ini merayakan jubileum tiga tahun masa jabatan mereka.

Menyambut kejutan tersebut, Bupati Dadang Supriatna terlihat tersenyum sumringah. Ia mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris Daerah (Sekda), para Asisten, Kepala OPD, para camat, dan Direktur BUMD yang hadir dalam Rakor bulanan tersebut.

"Saya bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Bandung serta seluruh komponen masyarakat yang telah bersama-sama bekerja keras dan berkontribusi untuk membangun Kabupaten Bandung," ujar Bupati Dadang Supriatna.

Dalam tiga tahun kepemimpinannya, lanjut Bupati, berbagai langkah untuk memajukan Kabupaten Bandung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat telah dilakukan secara maksimal. Meskipun mengakui masih terdapat kekurangan, Dadang Supriatna menyatakan apresiasi atas pencapaian yang telah diraih.

"Dalam mengingat kembali perjalanan ini, saya tidak lupa betapa beratnya ujian yang telah kami hadapi. Namun, dengan izin dan ridha Allah, kami berhasil melewati berbagai rintangan dan hambatan tersebut. Semua itu merupakan skenario Allah yang wajib kita syukuri," tutur Bupati.

Mengenai tantangan yang dihadapi selama tiga tahun memimpin Kabupaten Bandung, Bupati menyebut bahwa meskipun telah dilantik, namun berbagai rintangan masih terus muncul. Namun, dengan berbagai prestasi membanggakan dan pembangunan nyata, pasangan Bupati-Wakil Bupati mampu membungkam berbagai kritik dan keraguan.

"Walau baru tiga tahun menjabat, Kabupaten Bandung telah menerima banyak penghargaan nasional. Kami tidak mencari penghargaan, namun faktanya kami telah menerima 313 penghargaan. Ini merupakan penghargaan atas hasil kerja keras kami selama tiga tahun ini," ungkapnya.

Dadang Supriatna juga mencatatkan prestasi dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Bandung dari Rp 960 miliar pada 2020 menjadi Rp 1,3 triliun pada 2023. Demikian pula, APBD Kabupaten Bandung meningkat dari Rp 4,6 triliun pada 2021 menjadi Rp 7,4 triliun pada 2023.

"Di tengah pandemi Covid-19, laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Kabupaten Bandung tetap tumbuh, yaitu sebesar 3,56 persen pada tahun 2021 dan 4,97 persen pada tahun 2023," tambahnya.

Prestasi yang telah diraih, baik dalam pembangunan infrastruktur, pertumbuhan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan bidang lainnya, menempatkan Kabupaten Bandung sebagai salah satu daerah dengan pembangunan terdepan di Jawa Barat.

Baca Lainnya