Rabu, 29 September 2021 17:20

Pentingnya Pembinaan untuk Antisipasi Fenomena Bentrok Ormas

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Munculnya Fenomena bentrokan antar Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) menjadi hal yang harus diantispasi oleh Ormas, Pemerintah dan Masyarakat. Karenanya, Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Cimahi melakukan pembinaan kepada Organisasi Kemasyarakatan di Kota Cimahi agar dilingkungan Ormas terjadi pemahaman dan Kepatuhan Hukum Dalam Merawat Wawasan Kebangsaan.

Pembinaan dilakukan oleh Kesbang Kota Cimahi kepada sekitar seratus pengurus Ormas se Kota Cimahi, pada Selasa dan Rabu 28-29 September 2021, dengan narasumber dari Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Kejari Cimahi, Polres Cimahi dan Akademisi. 

Salah seorang narasumber yang juga akademisi Aby Cecep S Anshary mentgungkapkan, fenomena munculnya bentrokan antar Ormas yang belakangan terjadi akibat dari ketidaktahuan mereka akan hal itu. Penyebab kedua adalah karena emosional dan yang ketiga karena pemahaman akan nilai-nilai agama yang menjadi kunci dari pencegahan bentrok antar Ormas tersebut.

Menurutnya, agama harus diutamakan karena menjadi segala-galanya dalam mengantisipasi terjadinya perpecahan. Mereka harus dilakukan pembinaan, edukasi dan system agami, sehingga tidak membuat orang merasa dirinya paling hebat, merasa paling akang atau merasa paling segala-galanya.

“Pembinaan terhadap Ormas harus sering dilakukan agar fenomena bentrok ini bisa dihindari. Jadi apa yang dilakukan Kesbang Kota Cimahi sudah tepat untuk mengantisipasi timbulnya fenomena tersebut,” katanya, Rabu (29/9/2021).

Sedangkan Friska, salah seorang peserta Pembinaan Ormas ini sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kesbang Kota Cimahi karena mampu menambah ilmu pengetahuan, pencerahan dan wawasan tentang keorganisasian,  hukum,  dan keormasan.

“Saya sangat mengapresiasai kegiatan pembinaan Ormas ini karena menambah wawasan,” jelasnya.

Kepala Kantor Kesbang Kota Cimahi Mardi Santoso mengungkapkan, Pembinaan Ormas dilakukan untuk mengantisipasi potensi timbulnya perpecahan di kalangan masyarakat itu sangat besar. Pembinaan ini merupakan ikhtiar bersama untuk menguatkan kembali silaturahmi agar tercipta suasana kondusif agar bisa secara bersama membangun Kota Cimahi.

“Merawat Persatuan dan Kesatuan Bangsa merupakan tanggungjawab kita bersama sebagai generasi penerus,” paparnya.

Mardi juga mengucapkan terimakasihnya kepada semua pihak termasuk Ormas yang ada di Kota cimahi yang telah merawat persatuan dan kesatuan sehingga Kota Cimahi bisa tetap kondusif.

“Atas nama pemerintah kami juga mengucapkan terimakasih atas terjalinnya keharmonisan sehingga Cimahi tetap konsdusif,” pungkasnya.  

 

  

Baca Lainnya