Selasa, 6 Juni 2023 18:00

Penghargaan Perjuangan, YPNI Inisiasi Pembangunan Monumen Bung Karno

Reporter : Iman Nurdin
Ketua YPNI Pamriadi menjelaskan inisiasi pembangunan monumen perjuangan Soekarno kepada wartawan di Gedung Indonesia Menggugat (GIM),  Selasa (6/6/23).
Ketua YPNI Pamriadi menjelaskan inisiasi pembangunan monumen perjuangan Soekarno kepada wartawan di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Selasa (6/6/23). [Iman Nurdin]

Bandung, Limawaktu.id - Yayasan Putera Nasional Indonesia  (YPNI) menginisiasi pembangunan monumen perjuangan Soekarno di Kota Bandung. Monumen ini diusulkan di gelanggang olah raga Saparua, Bandung.

Demikian mengemuka dalam diskusi diskusi  "Perlukan Dibangun Monumen Bung Karno di Bandung?" yang diselenggarakan di Gedung Indonesia Menggugat di Jln.Perintis Kemerdekaan Kota Bandung, Selasa (6/6/2023).

Diskusi yang melibatkan para sejarawan, budayawan dan para tokoh Jawa Barat, yakni narasumber Yayat Hendayana (sejarawan), Avi Taufik Hidayat (budayawan), Andi Nitidisastro (Sekjen Dewan Pakar DPP Persatuan alumni GMNI), Dunadi (seniman).

Terkait itu Pamriadi Ketua Yayasan Putera Nasional Indonesia mengatakan, pembangunan monumen Perjuangan Sukarno tersebut diinisiasi sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Bung Karno yang selama ini telah berjasa besar terhadap negeri ini.  Bung Karno merupakan pejuang dan proklamator kemerdekaan Indonesia.

"Ini merupakan bentuk penghormatan yang kita berikan kepada Bung Karno," jelas Pamriadi.

Monumen perjuangan Soekarno ini rencananya akan dibuat di Gor Saparua Kota Bandung.  Anggaran pembangunan monumen merupakan swadaya dari para pecinta Bung Karno.

"Jadi ini tanpa APBD ataupun APBN. Ini murni anggarannya dari para pecinta Bung Karno. Adapun kebutuhan anggaran monumen tersebut mencapai sekitar Rp 10 miliar," jelasnya.

Terkait pembangunan monumen tersebut, lanjut Pamriadi pihaknya telah berkomunikasi dengan keluarga besar Bung Karno.

"Bahkan Bu Megawati pun telah memberikan arahan dan memberikan koreksi. Kita pun telah membuat miniaturnya dan segera kita bangun. Yang jelas kita harapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa memberikan kemudahan dalam proses perijinan monumen ini," katanya.

Sementara itu Yayat Hendayana (tokoh sejarawan) mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dengan inisiasi dari yayasan Putera Nasional Indoesia yang akan membangun Monumen Perjuangan Bung Karno. Terlebih Bung Karno merupakan tokoh bangsa yang juga sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer