Sabtu, 8 Desember 2018 15:54

Pengembangan Seni Budaya di Cimahi Masih Seremonial 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Kegiatan seni budaya yang digelar oleh Pemerintah Kota Cimahi masih terkesan berbau seremonial, belum menyentuh kepada substansi pembinaan dan pengembangan budaya yang sebenarnya.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi IVF DPRD Kota Cimahi asal Fraksi PDI Perjuangan, Yus Rusnaya kepada Limawaktu.id, Sabtu (8/12). 

Menurut Yus, kegiatan seni budaya yang digelar Pemkot Cimahi secara seremonial memang sudah bagus, tinggal bagaimana Pemkot Cimahi melakukan pembinaan yang terarah atas keberadaan potensi seni dan budaya yang ada di Kota Cimahi. 

"Pembinaan untuk potensi seni dan budaya di Kota Cimahi harus lebih terarah dengan mulai memberikan stimulan kepada para pelaku seni dan budaya baik berupa materi atau non materi," katanya. 

Dikatakannya, banyak potensi seniman maupun budayawan di Kota Cimahi yang harus dilakukan pembinaannya untuk menjadikan Cimahi sebagai Kota yang Berbudaya sesuai dengan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi yang maju Agamis dan Berbudaya. 

"Namun, budaya itu bukan hanya sebatas pada kesenian saja, tetapi juga mencakup norma dan kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari warga masyarakat, seperti adat istiadat, sopan santun menjaga etika dan lain-lain," sebutnya. 

Selanjutnya, kata Yus Budaya dan Seni bisa sinergi dalam mewujudkan Cimahi sebagai Kota yang Berbudaya sesuai dengan visi misi kepala daerah. 

"Pembinaan terhadap potensi seni dan budaya di Kota Cimahi bisa disinergikan untuk menciptakan potensi wisata di Cimahi, mengingat sumber daya alam yang terbatas. Wali Kota bisa menciptakan potensi Pariwisata di Kota Cimahi, salah satunya dengan melakukan pembinaan kepada seni dan budaya yang ada," pungkasnya.

Baca Lainnya