Sabtu, 1 Februari 2020 21:42

Pengelolaan Portopolio Capai 7,6%, Dana BPJS Ketenagakerjaan Dinilai Aman

BPJAMSOSTEK
BPJAMSOSTEK [Fery Bangkit]

Limawaktu.id – Kinerja investasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek dipastikan aman. Hal itu dapat dilihat dari kinerja pengelolaan portolofolio saham BPJamsostek selama tahun 2019 yang menunjukkan return total mencapai 7,6%.

Hal itu disampaikan Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJamsostek, Irvansyah Utoh Banja, melalui keterangan tertulis yang diterima pada Sabtu (1/2/2020).

”Status dana peserta BPJamsostek aman. Bentuk transparansi yang kami lakukan seperti menyajikan laporan keuangan dan laporan pengelolaan program hasil audit kepada publik", tegas Utoh.

Ia menjelaskan, dana jaminan sosial yang dikelola pihaknya mendapat pengawasan dari lembaga pengawas yang kredibel seperti seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Kantor Akuntan Publik (KAP).

Selain itu, sesuai dengan Undang-undang Nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS, Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan juga memantau langsung kegiatan operasional, termasuk perihal penempatan dana investasi. Hasil pengawasan lembaga-lembaga tersebut juga segera ditindaklanjuti dan dilaporkan langsung kepada Presiden RI.

"Strategi investasi yang kami lakukan selalu mengutamakan hasil yang optimal untuk peserta dengan risiko yang terukur dengan tidak mengesampingkan prinsip good governance dan kehati-hatian", jelas Irvansyah.

Irvansyah membeberkan, Pemerintah baru mengumumkan kenaikan manfaat BPJamsostek tanpa penyesuaian iuran, yang diantaranya berupa kenaikan manfaat beasiswa 1350% dan total santunan kematian sebesar 75%.

Penempatan dana BPJamsostek sendiri tetap mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor  99 tahun 2013 dan PP Nomor 55 tahun 2015.  Selain itu, dalam Peraturan OJK Nomor 1 tahun 2016 juga membatasi penempatan saham BPJamsostek seperti pada Surat Berharga Negara (SBN).

“Hal tersebut dapat dicapai karena pengelolaan dana BPJamsostek dilakukan berdasarkan regulasi yang ketat dan mengedepankan prinsip governance,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPJamsostek Kantor Cabang Cimahi, Aang Supono juga turut mengapresiasi atas hasil investasi yang telah dicapai karena prosesnya selalu mengutamakan prinsip Good Governance.

“BPJAMSOSTEK Cimahi akan selalu mengedepankan tata kelola perusahaan yang baik dan patuh terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dalam menjalankan kegiatan operasional dan terus berupaya serta bekerja keras semaksimal mungkin dalam rangka memberikan kinerja terbaik kepada seluruh peserta BPJamsostek”, tutup Aang.

 

Baca Lainnya