Sabtu, 17 November 2018 12:47

Pengadaan Mubazir Kendaraan Damkar Roda Tiga di Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) roda tiga terparkir di 15 kelurahan se-Kota Cimahi.
Kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) roda tiga terparkir di 15 kelurahan se-Kota Cimahi. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Plt Kasatpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Dadan Darmawan menilai, kendaraan Damkar roda tiga tak efektif digunakan untuk menanggulangi kebakaran.

Pasalnya, jelas Dadan, kapasitas dan daya pancar kendaraan cukup rendah. Kapasitas airnya hanya 500 liter, sedangkan daya pancarnya hanya sekitar 10 meter.

Baca Juga : Kok Puluhan Sarang Lebah Dibius, ini Penjelasan Damkar Kota Cimahi

"Kalau versi temen-temen Damkar kelihatannya kurang efektif. Daya pancarnya juga gak terlalu jauh," ujar Dadan saat dihubungi via sambungan telepon, Sabtu (17/11/2018).

Seperti diketahui, pengadaan Damkar roda tiga itu dilakukan Pemerintah Kota Cimahi tahun 2016 saat era kepemimpinan Atty Suharti-Sudiarto sebagai Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi. Kendaraan itu dibagikan ke setiap kelurahan se-Kota Cimahi untuk penanganan kebakaran di kawasan pemukiman padat.

Baca Juga : Kok, Evakuasi Tawon Sukanya Malam, ini Penjelasan Petugas!

Namun, jika melihat fungsinya sejauh ini, memang tak terlalu digunakan. Sebab, selama ini untuk penanganan kebakaran masih mengandalkan kendaraan pancar Damkar Kota Cimahi.

Dikatakan Dadan, memang kendaraan Damkar roda tiga itu kurang efisien. Selain karena kapasitas tampung air dan daya pancarnya yang kurang, kendaraan itu akan goyah jika dibawa dengan kecepatan tinggi. Sedangkan untuk penanganan kebakaran, kecepatan itu menjadi hal mendasar.

Baca Juga : Dua Tahun Berlalu, Kendaraan Damkar Roda Tiga di Cimahi Cuma 'Mejeng' di Kelurahan?

"Dibawa dalam kecepatan tinggi agak goyang," ucap Dadan.

Dadan melanjutkan, kendaraan Damkar roda tiga itu lebih cocok dimanfaatkan untuk kebutuhan lain. Di antaranya untuk penyiraman taman-taman di kelurahan masing-masing.

"Kalau saya, lebih cenderung untuk perawatan taman atau apa, kalau untuk kebarakan gak efektif," tandas Dadan.

Baca Lainnya