Rabu, 12 Juni 2019 14:03

Penemuan Ular Raksasa dan Mitos di Ciburuy Bandung Barat

Reporter : Fery Bangkit 
Ular sanca kembang sepanjang 3 meter.
Ular sanca kembang sepanjang 3 meter. [limawaktu]

Limawaktu.id - Warga Kampung Kota Luhur, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dihebohkan dengan penemuan ular sanca kembang sepanjang 3 meter di Situ Anyar, Rabu (12/6/2019) sekitar pukul 08.00 Wib.

Penemuan ular itu menjadi tontonan warga sekitar yang memadati area pinggir Situ Anyar. Mereka penasaran melihat ular berukuran besar dan panjang itu.

Pengakuan mengejutkan diutarakan sesepuh setempat Ajat Sudrajat (69) perihal ular sanca kembang itu. Menurutnya, tiga bulan lalu ia sudah melihat adanya seekor ular di dekat situ tersebut. Namun, tidak langsung diamankan mengingat posisi ular sulit untuk ditangkap.

"Saya lihat didekat situ ada lubang, terus saya cek ada ularnya cuma yang kelihatan bagian belakangnya. Kalau ditangkap pasti kabur," kata Ajat.

Seorang warga sedang menarik ular sanca kembang sepanjang 3 meter di Situ Anyar, Rabu (12/6/2019) sekitar pukul 08.00 WIB.

Setelah itu, ia tidak terlalu memperhatikan posisi ular tersebut berada dimana. Namun, pagi tadi ia dikagetkan oleh teriakan warga soal penemuan ular itu.

Posisi ular sudah berada di pinggir situ bekas galian. Kemudian, ia menarik ular tersebut ke tanah kering agar bisa diamankan. "Saya bawa dulu ke pinggir (situ) terus saya angkat perutnya dan bagian kaki menahan yang lainnya terus dimasukkan ke karung," jelasnya.

Sebelumnya, lanjut Ajat, di wilayahnya jarang ditemukan ular besar. Kecuali terdapat ular hitam dengan ukuran kecil. Selain itu menurutnya, mitos yang beredar di masyarakat jika menemukan ular hitam berukuran besar untuk tidak dimatikan.

Ajat mengaku belum merencanakan tindakan selanjutnya terhadap ular tersebut. Saat ini ia akan membiarkan terlebih dahulu ular berada di karung yang disimpan dirumahnya. 

Baca Lainnya