Rabu, 6 April 2022 21:22

Pendidikan Karakter Lewat Smartren di SMA Negeri 1 Cipatujah

Reporter : Permana
Pendidikan Karakter Lewat Smartren di SMA Negeri 1 Cipatujah
Pendidikan Karakter Lewat Smartren di SMA Negeri 1 Cipatujah [Istimewa]

Cipatujah (Limawaktu.id), - Momentum bulan Ramadhan menjadikan kesempatan memperbaiki diri salah satunya memanfaatkan melalui smartren atau Smart Pesantren. Ini pula yang diselenggarakan SMA Negeri 1 Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Menurut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Cipatujah, Drs. H. Tatang Aruman M. Pd. , Milenial Smartren Ramadhan di SMAN 1 Cipatujah bertujuan membentuk generasi yang beriman dan bertaqwa.

"Smartren ini sebagai upaya pembentukan karakter siswa melalui berbagai kegiatan keagamaan. Salah satunya melatih siswa siswi untuk mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah. Suasana Ramadhan menjadi tepat untuk pembiasaan dan pengalaman sunnah Rasulullah," ujar Tatang. 

Tatang menyebutkan, kegiatan ini merupakan kolaborasi program kegiatan Ramadhan dari Disdik provinsi Jawa Barat melalui Kantor Cabang Dinas Wilayah (KCD) XII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan inovasi di SMAN 1 Cipatujah. 

Para siswa, lanjut Tatang, diwajibkan untuk tilawah Alquran, membaca hadist dan sirah Nabiwiah. Kegiatan ini dilakukan setiap hari melalui aplikasi yang sudah pihak sekolah siapkan. 

"Terpenting lagi setiap siswa juga Solat lima waktu dengan berjamaah. Ini membentuk siswa menjadi displin terhadap waktu, " katanya. 

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer