Rabu, 17 Oktober 2018 12:57

Pendaftaran CPNS Ditutup, Dua Formasi ini Sepi Peminat

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi
ilustrasi [istimewa]

Limawaktu.id, Cimahi - Jumlah pelamar Calon pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mendaftar ke Kota Cimahi mencapai 3.200 orang. Dari total jumlah tersebut, sekitar 300 pelamar diindikasikan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) administrasi.

Pendaftaran CPNS 2018 sudah berlangsung sejak 26 September dan ditutup pada 15 Oktober 2018 pukul 23.59 WIB. Hingga hari terakhir pendaftaran, ada tiga posisi yang masih kosong.

Baca Juga : Informasi Terbaru Soal CPNS 2018

"Kami membuka 4 (empat) formasi untuk dokter spesialis. Dua ada yang mendaftar, dua lagi tidak ada pendaftar, jadi hangus," terang Harjono, Kepala Badan Pengelolaan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Rabu (17/10/2018).

Satu lagi formasi yang tak terisi adalah formasi khusus penyandang disabilitas. Dari dua formasi yang disediakan, hanya satu orang yang mendaftar dan memenuhi syarat. Berdasarkan hasil konsultasi dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN), satu formasi itu akan diisi pelamar dari jalur umum.

Baca Juga : Jelang CPNS, Pendaftar SKCK di Mapolres Cimahi Meningkat

"1 (satu) tidak ada peminatnya. Kami sudah konsultasi ke BKN nanti kekosongan itu diisi dari jalur umum," tegas Harjono.

Perihal pendaftar yang diindikasikan TMS, ungkap Harjono, masih akan dilakukan verifikasi ulang untuk memastikan terpenuhi atau tidak persyaratannya. Verifikasi ulang dilakukan terakhir hari ini.

Baca Juga : CPNS di Cimahi:6 Hari, 262 Pendaftar

Berdasarkan validasi sementara yang dilakukan, rata-rata pelamar yang diindikasikan TMS itu bermasalah pada ijazah yang tidak linier dengan yang disyaratkan dalam formasi.

"Jadi misal yang usianya lewat (35 tahun), ijazah melamar untuk guru SD ijazah-nya gak PGSD," jelas Harjono.

Baca Juga : Maaf, KTP-el Bermasalah gak Bisa Daftar CPNS

Kemudian, hasil keseluruhan pendaftar CPNS Kota Cimahi akan dirapatkan oleh Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Kota Cimahi untuk memutuskan berapa yang memenuhi syarat dan yang tidak memenuhi syarat.

"Setelah tanggal 19 (Oktober), kita setorkan ke BKN. Nanti oleh BKN akan diverifikasi," ujar Harjono.

Setelah itu, Senin (22/10/2018), seluruh daerah yang mengadakan penerimaan CPNS akan dikumpulkan oleh BKN untuk menentukan jadwal dan lokasi pelaksanaan seleksi. 

"Setelah dijadwal baru diumumkan ke peserta lulus administrasi atau tidak, memenuhi syarat atau tidak. Nanti yang memenuhi syarat boleh melanjutkan ke tes berikutnya," pungkasnya.

Baca Lainnya