Rabu, 22 Mei 2019 11:15

Pemudik, Jangan Mendahului Sembarangan di Jalur Cikawet, Bahaya!

Reporter : Fery Bangkit 
 Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto saat ditemui di Padalarang, KBB, Selasa (21/5/2019).
Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto saat ditemui di Padalarang, KBB, Selasa (21/5/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Jelang arus mudik lebaran tahun ini, Polres Cimahi meminta pemudik untuk mewaspadai jalur Cikalong Wetan (Cikawet), Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pasalnya, jalur yang kerap dilewati pemudik kendaraan roda dua itu termasuk ke dalam kategori rawan kecelakaan atau black spot. Sepanjang jalan Cikawet memiliki kontur jalan yang berkelok.

Baca Juga : Gelar Inspeksi Bus Mudik Gratis dan Bus Umum:Masa Bus Tanpa APAR

"Sepanjang jalur tersebut kontur jalannya banyak tikungan yang cukup tajam, lebar jalan yang hanya 7 meter. Harus ekstra hati-hati," imbuh Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto saat ditemui di Padalarang, KBB, Selasa (21/5/2019).

Polisi tengah mengatur lalulintas di Padalarang, KBB, Selasa (21/5/2019).

Ia meminta pengendara berfikir ulang jika ingin mendahului kendaraan di Jalur Cikawet. Sebab selama ini, kata Suharto, penyebab kecelakaan kebanyakan karena kurang matang saat mendahului kendaraan.

Baca Juga : Jelang Lebaran, Sejumlah Ruas Jalan di KBB Belum Tersentuh Perbaikan

"Bagi pengemudi apabila mau mendahului kendaraan di tikungan maupun bebas pandang, agar tidak mendahului karena jalur tersebut sering terjadi kecelakaan di daerah Cikawet," ungkapnya.

Perihal kelaikan jalur yang akan dilalui saat mudik nanti, lanjut Suharto, kondisi jalan 90 persen dalam keadaan laik untuk digunakan. Baik jalan nasional, provinsi maupun kabupaten/kota yang masuk ke wilayah hukum Polres Cimahi.

Baca Juga : Pemkot Cimahi Belum Terima Edaran Menggunakan Kendaraan Dinas Saat Mudik Lebaran

"Kesiapan jalur secara umum 90 persen bagus, siap untuk dilalui," ucap Suharto.

Polisi tengah mengatur lalulintas di Padalarang, KBB, Selasa (21/5/2019).

Untuk saat ini, kata Suharto, jalur yang mendesak harus segera diantisipasi dan diperbaiki adalah Jalan Kolonel Masturi di Kampung Cikahuripan, Lembang, KBB. Jalur wisata itu harus diantisipasi karena rawan longsor.

"Kedua jalur wisata Maribaya, Lembang. Tepatnya di daerah Cibodas. Bahu jalannya longsor," ujarnya.

Secara keseluruhan, kata dia, Polres Cimahi sudah siap menghadapi arus mudik maupun arus balik lebaran tahun ini. Termasuk mengamankan jalur wisata Lembang yang kerap dipadati wisatawan saat libur lebaran. 

"Polres Cimahi sudah melakukan persiapan dari mulai rapat internal, lintas sektoral maupun pengecekan jalur yang akan dilalui pemudik maupun arus balik," pungkasnya.

Baca Lainnya