Kamis, 9 Mei 2019 10:34

Pemudik Gratis di Cimahi Siap Diberangkatkan, ini Rutenya!

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi.
ilustrasi. [net]

Limawaktu.id - Para peserta mudik gratis lebaran tahun ini di Kota Cimahi bakal diberangkatkan 1 Juni mendatang. Tercatat, ada 833 peserta yang mendaftar melalui Dinas Perhubungan Kota Cimahi.

Untuk mengakomodir peserta mudik, Dinas Perhubungan Kota Cimahi menyiapkan 15 bus. Anggaran yang disiapkan untuk merealisasikan program mudik gratis tahun ini mendapat Rp 190 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi.

Baca Juga : BNNK Cimahi Tes Urine Sopir Bus Mudik Gratis

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengungkapkan, sebetulnya dari 15 bus, ada 860 kursi yang tersedia. Tapi, pihaknya tak memenuhinya sesuai kuota kursi untuk kenyamanan penumpang yakni 833 peserta.

"Jika dimaksimalkan 850 kursi tapi kasian kalau dimaksimalkan (dipenuhkan semuanya). Jadi alokasinya 750 orang alokasinya (kursi)," ujar Ranto saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Kamis (9/5/2019).

Selanjutnya, kata dia, warga yang sudah terdaftar sebagai pemenang harus melakukan pendaftaran ulang 16-25 Mei mendatang. Sebanyak 14 bus akan berangkat melalui rute Cimahi-Semarang via Cirebon dan 14 bus lainnya rute Cimahi-Solo melalui Yogyakarta, Banjar, Kebumen dan Klaten.

Selama diperjalanan, menurutnya para pemudik akan mendapatkan makanan ringan dan makan untuk berbuka. Ranto mengatakan program mudik gratis dilakukan untuk mengalihkan penggunaan transportasi mudik dari roda dua ke angkutan massal.

"Tahun lalu memberangkatkan 12 bus, kurang lebih 600 orang. Sekarang ada penambahan 3 bus," tandasnya.

Baca Lainnya