Sabtu, 29 Juli 2023 14:34

Pemuda Pancasila Kota Cimahi Sabet 5 Terbaik Nasional dan Terbaik Se Jawa Barat

Reporter : Bubun Munawar
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan memberikan sambutan pada Muscab VI Pemuda Pancasila di Gedung Cimahi Technopark,Jum'at (28/7/2023)
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan memberikan sambutan pada Muscab VI Pemuda Pancasila di Gedung Cimahi Technopark,Jum'at (28/7/2023) [Istimewa]

Limawaktu.id, Kota Cimahi – Sekretaris Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Jawa Barat  Akhmad Rizal menyebutkan Pemuda Pancasila Kota Cimahi menjadi organisasi yang eksistensinya membanggakan. Bahkan Pemuda Pancasila Kota Cimahi bisa mendududki peringkat ke-5 terbaik secara nasional dan  terbaik pertama di Jawa Barat.

Hal itu disebutkan Akhmad Rizal saat digelarnya Musyawarah Cabang (Muscab) Pemuda Pancasila serta  Pendidikan dan Latihan (Diklat) yang digelar di Gedung Cimahi Technopark, Jum’at (29/7/2023).

Menurutnya Muscab  merupakan kewajiban suatu organisasi yang dilaksanakan 4 tahun sekali ditingkat MPC. Tentang pelaksanaan Diklat kaderisasi Pemuda Pancasila, merupakan salah satu program  dibidang organisasi.

“Kaderisasi diwajibkan dari seluruh tingkatan MPN, MPW, dan MPC sampai ketingkat PAC dan ranting” Katanya.

Dikatakannya, tujuan digelarnya kaderisasi di organisasi Pemuda Pancasila, setiap pemimpin yang duduk di organisasi PP wajib hukumnya untuk mendapatkan sertifikat kaderisasi.

“Jadi untuk menjadi ketua MPW, Ketua MPC, PAC dan Ranting itu wajib harus mempunyai sertifikat kaderisasi” ucapnya.

Diakui Akhmad,  organisasi PP Kota Cimahi merupakan yang terbaik di Jawa Barat dengan menggelar Diklat kaderisasi PP, dan di Indonesia yang terbaik nomor 5.Karena MPC yang baru mengadakan Diklat kaderisasi se Jawa Barat, baru di Cimahi, kalau MPW sudah tiga kali mengadakan Diklat.

Dia menjelaskan, Diklat Kaderisasi ini belum dicanangkan dalam  program Muscab. Tapi sudah sudah dilaksanakan.

“Itu yang paling luar biasa  karena Dilat ini bisa bisa menelorkan 119 orang kader, ” jelasnya.

Sementara, dalam Muscab tersebut, Budhi Setiawan secara aklamasi terpilih kembali sebagai Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Cimahi Periode 2023-2027.

Menurut Budhi kegiatan Diklat ini dilaksanakan untuk memberikan wawasan kepada para anggota Pemuda Pancasila Kota Cimahi untuk mendapatkan materi tentang keorganisasian dan kepemimpinan.

“ Peserta Diklat diberikan materi  wawasan kebangsaan, ormas dalam Kamtibmas, peran ormas dalam pembangunan, dan masalah kepemimpinan” tutrnya.

Pj Wali Kota cimahi Dikdik Nugrahawan mengapresiasi atas digelarnya Muscab PP Kota Cimahi dan Diklat kaderisasi Pemuda Pancasila dari tanggal 27, 28 dan 29 Juli 2023.

Banyak kalangan masyarakat menilai bahwa organisasi Pemuda Pancasila indentik dengan premanisme, hal itu kata Dikdik, harus ditinggalkan.

  “Budaya seperti itu harus ditinggalkan, bagaimana kita membangun Pemuda Pancasila ini untuk bisa menjadi sebuah organisasi yang modern, yang cukup adaptif terhadap setiap perubahan dan perkembangan teknologi” tandasnya.

Harapan Dikdik, Ormas Pemuda Pancasila dapat lebih berkembang yang dapat membuktikan jati dirinya yang pro rakyat.

Baca Lainnya