Kamis, 11 Februari 2021 14:13

Pemprov Jabar Targetkan Perbaiki 31.500 Rumah Tak Layak Huni Tahun Ini

Reporter : Saiful Huda Ems (SHE)
Kabid Perumahan Disperkim Provinsi Jabar, Muh. Eko Damayanto  menyampaikan sosialisasi program rutilahu di Kota Cirebon,Kamis (11/2/2021).
Kabid Perumahan Disperkim Provinsi Jabar, Muh. Eko Damayanto menyampaikan sosialisasi program rutilahu di Kota Cirebon,Kamis (11/2/2021). [Humas ]


Limawaktu.id,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman menargetkan 31.500 rumah tidak layak huni di 27 kabupaten/kota akan diperbaiki pada 2021 ini.

Kabid Perumahan Disperkim Provinsi Jabar, Muh. Eko Damayanto mengatakan kegiatan penyaluran bantuan sosialisasi rutilahu Tahun Anggaran 2021 ini mengangkat tema “sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi nasional” yang ditargetkan sebanyak 31.500 unit rumah di 27 Kota/Kabupaten di wilayah Jabar.

“Meski saat ini masih terkendala dengan Pandemi Covid-19, namun Program RUTILAHU yang merupakan program strategis Gubernur Jabar tetap bertahan sehingga hal ini akan menjadi fokus bersama bagi semua daerah” Ujarnya saat sosialisasi penyaluran bantuan social RUTILAHU di Kota Cirebon,Kamis (11/2/2021).

Dia menjelaskan, pada tahun ini besaran bantuan tersebut akan masuk secara langsung ke rekening bank penerima manfaat yang mencapai Rp. 17,5 Juta. 2,5 juta untuk upah dan 15 Juta untuk nantinya dibelanjakan bahan material.

“Bantuan ini nantinya bisa dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing rumah” tambahnya

Dia melanjutkan, dalam menentukan penerima bantuan ini Pemerintah melalui Kementerian dan Pemerintah Provinsi Jabar menetapkan persyaratan tertentu. Yakni, WNI dan belum pernah menerima bantuan program ini, memiliki tanah milik sendiri, masuk katagori berpenghasilan rendah, lantai, dinding atau atap rumah sudah tidak layak.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati berterima kasih kepada semua pihak karena telah memberikan kembali bantuan sosial untuk Kota Cirebon. Terutama pada tahun ini, Kota Cirebon mendapatkan dua kali lipat bantuan tersebut.

“Alhumdulillah tahun ini Kota Cirebon mendapat 630 unit rumah yang siap direnovasi dan berada di 18 Kelurahan,” tuturnya.

Eti memastikan penerima bantuan ini sebelumnya sudah dilakukan pendataan secara langsung untuk memastikan secara langsung kondisi rumah yang akan mendapatkan bantuan dan pada bulan ini renovasi rumah sudah berjalan, eti berharap ditahun mendatang Kota Cirebon dapat kembali meningkat dalam menerima bantuan tersebut pasalnya masih terdapat sekitar 4900 unit rumah yang masuk dalam katagori rumah tidak layak huni.

“Kota Cirebon untuk penerima bantuan ini ada peningkatan sekitar 100% dari 300an di tahun kemarin dan tahun ini mendapat 630 unit bantuan RUTILAHU, semoga ditahun depan masih mendapat peningkat juga dalam menerima bantuan pasalnya dari data Kota Cirebon masih terdapat 4000an rumah yang tidak layak huni,” pungkasnya

Baca Lainnya

Topik Populer