Selasa, 25 Juli 2023 8:10

Pemkot "Keukeuh" Amankan Lahan Kebun Binatang Bandung

Penulis : Iman Nurdin
PLH Walikota Bandung Ema Sumarna keukeuh mengamankan lahan Yayasan Marga Satwa atau pengelola Kebun Binatang Bandung setelah melayangkan surat peringatan ke-3.
PLH Walikota Bandung Ema Sumarna keukeuh mengamankan lahan Yayasan Marga Satwa atau pengelola Kebun Binatang Bandung setelah melayangkan surat peringatan ke-3. [IST]

Bandung, Limawaktu.id -- Pemerintah Kota Bandung keukeuh mengamankan lahan Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo setelah diklaim menunggak pajak 17,1 miliar. Penyegelan ini akan tetap menjadi kawasan konservasi.

"Tidak ada alih fungsi. Kita tetap pastikan lahan kebun binatang menjadi kawasan konservasi," tegas Plh Wali Kota Bandung, Ema sumarna usai memimpin rapat pengamanan aset Kebon Binatang Bandung di Balai Kota, Senin (24/7/2023).

Ema juga memastikan Kebun Binatang Bandung tetap beroperasi meski akan memasuki proses penyegelan setelah dilayangkannya surat peringatan terakhir.

"Saya garisbawahi, tentunya yang dimaksud pengamanan itu aset tanah bukan masalah operasional kebun binatang. Karena Kebun Binatang Bandung akan tetap beroperasi," kata Ema.

Ia mengungkapkan, jika nantinya dilakukan proses penyegelan lahan Kebun Binatang Bandung, pihaknya sudah menggandeng Persatuan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) untuk memastikan keberlangsungan hidup satwa yang ada di Kebun Binatang Bandung.

"Jadi kalau saya lihat masih operasional, tapi kalau nanti bukan yayasan yang mengambil alih. Nanti operasionalnya tidak dalam posisi untuk berbayar. Untuk sementara jadi gratis karena sudah tidak ada lagi yang operasionalkan," katanya.

Berdasarkan data Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), total jumlah hewan yang ada di Kebun Binatang Bandung mencapai 664 satwa yang terbagi ke dalam 123 jenis.

"Ternyata satwa yang ada di kebun binatang pun beragam kepemilikan ada yang milik negara, ada yang milik Taman Safari, dan mungkin ada miliknya yayasan. Jadi perlu ditekankan kita mengamankan aset lahan, bukan kebun binatangnya Oleh karenanya kita gandeng PKBSI untuk menjaga kelangsungan hidup satwa yang ada di sana," jelas Ema.

"Pemda tidak pernah klaim memiliki atau mempunyai kebun binatang. Yang di dimiliki dan diyakini Pemda itu adalah tanahnya, ini harus dipahami betul. Jadi yang kita amankan itu adalah tanah. Kalau Kebun Binatang Bandung itu milik yayasan kebun binatang," imbuhnya.

Baca Lainnya