Minggu, 17 Desember 2017 19:07

Pemkot Cimahi Tunggu Kejelasan LRT

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi
ilustrasi [pixabay]

Limawaktu.id, - Pemerintah Kota Cimahi belum mendapat informasi lebih jauh terkait rencana proyek pembangunan jalur Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya.

Kepala Bidang Perencanaan Fisik Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi, Diah Ajuni mengatakan, sejak pembahasan tahun 2016, pihaknya belum mengetahui informasi terbaru soal trase LRT.

"Belum ada kabar terbaru. Ini tahapannya kan harus dipikirkan bersama," ujarnya, kemarin.

LRT merupakan komponen penunjang kebutuhan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung ala Presiden Joko Widodo.

Informasi awal, LRT di Cimahi akan dibangun beberapa trase diJalan Nasional seperti Jalan Amir Mahmud hingga Jalan Cibeureum.

"Rencana awal lewat jalan nasional. Kita akan kaji lebih lanjut kebutuhan di Cimahi, apakah tetap di Jalan Amir Mahmud, apakah ada jalur lain yang perlu dilewati LRT," jelas Diah.

Rencana pembangunan trase LRT sendiri sudah dimasukan dalam revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Cimahi. Revisi RTRW Kota Cimahi saat ini masih dalam tahap penyusunan materi.

Sementara itu, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengakui, ia belum mengetahui detail lanjutan pembangunan LRT. "Belum tau, yang pasti lagi dibuat regulasinya," ucap Ajay.

Jika proyek itu terealisasi, kata Ajay, dipastikan akan menumbuhkan perekonomian di Kota Cimahi. Pasalnya, akan memudahkan para investor datang ke Cimahi.

"Saya setuju. Jadi nanti teringerasi antara Cimahi, Bandung, Bandung Barat. Bahkan kalau bisa dengan Kabupaten Bandung," tandasnya. (kit)