Jumat, 5 Januari 2018 21:05

Pemkot Cimahi Terima 19 Ribu Surat Sepanjang 2017

Reporter : Fery Bangkit 
Faisal, Kasubag TU dan Kepegawaian Setda Kota Cimahi
Faisal, Kasubag TU dan Kepegawaian Setda Kota Cimahi [limawaktu]

Limawaktu.id, – Sepanjang tahun 2017, total surat masuk ke Pemerintah Kota cimahi mencapai 19.650 surat. Sedangkan surat yang keluar mencapai mencapai 5.800.

“Kalau dirata-ratakan, per bulan surat masuk itu sekitar 1.600, dan surat keluar 483,” terang faisal, kasubag tu dan Kepegawaian Setda Kota Cimahi, saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Jum’at (5/1/2018).

Perihah surat masuk dan keluar ialah mengenai permohonan bantuan, membuka acara, audiensi, kunjungan kerja, observasi lapangan dan lain-lain.

Faisal menjelaskan, semua surat yang ditujukan ke Pemerintah Kota Cimahi terlebih dahulu harus tercatat dibagiannya. Setelah tercatat, barulah surat tersebut disampaikan kepada tujuan surat. Seperti kepada Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah, Asisten dan Satuan Kerja Perangkat Daerah Terkait (SKPD).

“Kalau tujuannya atas nama Pemerintah Kota Cimahi, itu dari kita langsung ke Wali Kota. Nanti dari pimpinan turun lagi disposisi ke SKPD terkait,” ujarnya.

Ditegaskannya, semua surat masuk yang diterimanya dipastikan secepatnya diterima oleh tujuan surat. “Kita catat dan langsung distribusikan,” ucap Faisal.

Sementara untuk surat keluar dari semua SKPD, lanjut Faisal, perihal apapun tujuannya, minimal harus ada tanda tangan Sekretaris Daerah. “Misal, Satpol PP ada acara gelar pasukan. Draf surat masuk ke kita. Disetujui pimpinan unit, asisten, Sekretaris Daerah, baru ditandatangan ke Wali Kota,” jelas Faisal.

Untuk memudahkan pengarsipan surat masuk maupun keluar, pihaknya mengandalkan aplikasi Sistem Manajemen Naskah Dinas Aktif Daerah. Aplikasi tersebut untuk memudahkan pencarian surat.


“Surat yang masuk discan. Jadi kalau ditanya surat cepet, tinggal masukan keyword, langsung muncul,” tandasnya. (kit)

Baca Lainnya