Jumat, 13 Oktober 2017 10:47

Pemkot Cimahi Telusuri Arsip Bersejarah

News Diskominfoarpus Kota Cimahi
Gedung Pemkot
Gedung Pemkot [Foto: Kit]

Limawaktu.id - Hingga kini, Pemerintah Kota Cimahi baru mengakusisi sekitar 500 arsip statis yang berhubungan dengan sejarah Kota Cimahi. 

Tatan, Pengelola Kearsipan Dinas Komunikasi, Informasi, Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) mengatakan, arsip yang didata oleh pihaknya ialah arsip yang mengandung sejarah.  

"Total keseluruhan sekitar 500 arsip statis, seperti foto-foto Cimahi tempo dulu," ujarnya, saat ditemui di sekitar Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Kamis (12/10/2017). 

Dikatakannya, ratusan arsip tersebut sudah dimasukan dalam situs www.arsipstatis.cimahi.kota.co.id. 

Selain arsip statis, pihaknya juga tengah menggali arsip dinamis, seperti video. Namun, arsip statis sifatnya masih tertutup dan belum dipublish. 

Kepala Seksi Layanan dan Promosi Kearsipan Diskominfoarpus Kota Cimahi, Gunardi menduga, masih ada ribuan arsip yang terdapat dibeberapa tempat lain. 

Berdasarkan data dari Bidang Arsip, sejarah yang berhubungan dengan Kota Cimahi masih terdapat di Kab. Bandung, di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapuspida) Jawa Barat. 

"Yang jelas yang sudah diketahui itu di ANRI tentang arsip-arsip orang terkenal di Cimahi. Kemudian arsip-arsip bangunan-bangunan yang pernah dibangun di Cimahi," terangnya. 

Selanjutnya, pihaknya akan mengakusisi arsip tersebut. Dalam proses akusisi, terang Gunardi, arsip bernilai sejarah yang ditemukan di ANRI akan dipilih mana sekiranya yang memiliki nilai sejarah bagi Kota Cimahi. Lalu diubah dalam bentuk digital. 

"Kemudian diberikan informasi lalu dipublish di web site," kata Gunardi. 

Sementara untuk di Kab. Bandung dan Bapuspida Jawa Barat, kata Gunardi, berdasarkan penjajakan awal, belum bisa diketahui arsip sejarah apa saja yang ada di sana yang berhubungan dengan Kota Cimahi. 

Rencananya, kata dia, baru tahun ini pihaknya akan menelusuri arsip sejarah Kota Cimahi yang ada di Kab. Bandung dan Bapuspida Jawa Barat sesuai dengan prosedur. 

"Baru penelusuran untuk ini, kalau ketemu kita evaluasi, ada nilai sejarahnya baru diakusisi melalui prosedur," beber Gunardi. (kit)