Kamis, 7 Maret 2024 14:39

Pemkot Cimahi Raih Penghargaan The Best Improvement Reformasi Briokrasi Jabar

Penulis : Bubun Munawar
Penghargaan The Best Improvement untuk Kota Cimahi diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Rabu (6/3/2024).
Penghargaan The Best Improvement untuk Kota Cimahi diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Rabu (6/3/2024). [Diskominfo Kota Cimahi]

Limawaktu.id, Kota Cimahi - Pemerintah Daerah Kota Cimahi mendapatkan penghargaan “The Best Improvement” dalam Anugerah Reformasi Birokrasi Provinsi Jawa Barat Tahun 2024. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin di Aula Barat Gedung Sate.  Bandung .

Penyerahan piagam penghargaan tersebut dilakukan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas komitmen dan inovasi yang telah dilakukan pemerintah kapupaten atau kota dalam meningkatkan kualitas reformasi birokrasi.

"Kabupaten dan kota berprestasi menjadi teladan bagi kabupaten atau kota lain dalam upaya menuju birokrasi yang lebih efektif dan responsif," tutur Deputi Menteri Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto.

Sementara itu Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menegaskan bahwa reformasi birokrasi bukan sebatas upaya perbaikan tata kelola pemerintahan semata, namun harus berdampak terhadap tuntasnya isu-isu pembangunan dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat. Hal ini tentunya sejalan dengan tema Anugerah Reformasi Birokrasi Provinsi Jawa Barat tahun 2024 “Menuju Transformasi Birokrasi Terpadu, membumi dan berdampak di Jawa Barat Tahun 2024”.

Bey Achmudin berpendapat meskipun pelaksanaan reformasi birokrasi yang terencana dan terpadu antara provinsi dan kabupaten atau kota di Jawa Barat telah meningkatkan indeks reformasi dan birokrasi di Jawa Barat, namun bahwa hal yang terpenting dalam pelaksanaan reformasi birokrasi adalah untuk menuntaskan isu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Prinsip jemput bola dalam menyelesaikan permasalahan yang ada diiringi inovasi yang sesuai dengan tata kelola akan memiliki nilai lebih bila dibandingkan dengan angka-angka penilaian saja. Oleh karena itu pemerintah daerah harus mencari solusi yang konkret harus dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Tujuan akhir kita adalah menuntaskan isu peningkatan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat," tegasnya.

 Sejalan dengan Pj. Gubernur Jawa Barat, Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi yang menerima secara langsung pernghargaan Anugerah Reformasi Birokrasi menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah Kota Cimahi telah berupaya untuk menerapkan reformasi birokrasi dalam menjalankan pemerintahan dan layanan pada masyarakat.

“Dengan diraihnya penghargaan ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Daerah Kota Cimahi telah menindaklanjuti amanat dalam reformasi birokrasi baik itu dalam manajemen pemerintahan atau pun pelayanan publik. Penghargaan ini hanya lah bonus, yang paling penting masyarakat terpuaskan atas pelayanan publik yang disediakan Pemerintah Kota Cimahi,” tutur Dicky.

Ia menyebut pihaknya tidak akan berpuas diri dengan raihan yang dicapai, melainkan akan terus meningkatkan kualitas terutama dalam hal pelayanan publik, “Pemerintah Kota Cimahi berkomitmen akan terus meningkatkan pelayanan publik, melakukan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan agar dapat memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” tutup Dicky. 

Selain pelayanan publik, Pemerintah Kota Cimahi juga terus berupaya untuk memwujudkan   rencana aksi berupa  perbaikan pada  kualitas tata Kelola pemerintahan pada reformasi  birokrasi general dan penyelesian reformasi tematik yg meliputi penurunan angka kemiskinan, peningkatan investasi daerah, pengendalian inflasi, penanganan stunting, digitalisasi pemerintahan dan peningkatan  pengunaan produksi dalam Negeri sebagaimana telah ditetapkan dalam Roadmap RB Kota Cimahi 2023-2024.

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer