Selasa, 21 November 2017 17:50

Pemkot Cimahi Minta Pemprov Jabar Bangun PJU Baru di Jalan Kolmas

News Lampu PJU Kurang
ilustrasi
ilustrasi [limawaktu]

Limawaktu.id, – Dinas Perhubungan Kota Cimahi telah mengusulkan penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi.

Usulan tersebut dilayangkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), yang memiliki kewenangan terhadap pemeliharaan jalan Kolonel Masturi.

“Jalan Kolonel Masturi itu milik provinsi. Makannya kita sudah usulkan ke provinsi untuk pembangunan tahun 2018,” terang Endang, Kepala Bidang Angkutan dan PJU Dinas Perhubungan Kota Cimahi melaui pesan singkat, Selasa (21/11/2017).

Dikatakan Endang, usulan pembangunan PJU di jalan sepanjang 3,5 km itu mencakup pembangunan PJU baru dan revitalisasi PJU yang sudah ada. Secara keseluruhan, pihaknya mengajukan pembangunan dan revitalisasi PJU sebanyak 150 titik.

“Pembangunan sudah termasuk revitalisasi. Kita usulkan Rp 2,5 miliar. Per titiknya sekitar Rp 15 juta untuk PJU baru, mencakup tiang, armature, jaringan dan biaya pemasangan,” bebernya.

Dijelaskan Endang, pihaknya hanya sekedar mengsulkan untuk pembangunan saja. Sementara pengerjaan fisiknya dilaksanakan oleh Pemprov Jabar.

Endang melanjutkan, usulan penambahan PJU di Jalan Kolonel Masturi didasarkan pada kondisi penerangan Jalan Kolonerl Masturi yang belum ideal.

Menilik situasi Jalan Kolonel Masturi, khususnya di sekitar Cipageran, Kota Cimahi, memang terpantau penerangannya kurang ideal bila malam hari. Kondisi seperti itu sering dimanfaatkan oleh kawanan penjahat untuk melakukan aksinya. Selain itu, jalan milik provinsi tersebut terbilang curam dan berbahaya.

Kondisi tersebut tentunya harus dilengkapi dengan insfratuktur yang memadai, seperti penambahan PJU dan rambu-rambu lalu lintas.

“PJU yang ada saat ini belum ideal dan perlu direvitalisasi. Sekarang yang terpasang sekitar 90 titik,” jelas Endang.

Menanggapi usulan Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Iwa Karniwa, Sekretaris Daerah Jawa Barat mengatakan, pembangunan insfratuktur, termasuk PJU di Kolonel Masturi akan menjadi perhatian Pemprov Jabar.

Pasalnya, kata Iwa, sektor insfratuktur merupakan salah satu upaya untuk mensejahterakan masayarakat Jawa Barat, termasuk Kota Cimahi.

“InysaAlloh nanti kita akan dorong arahnya ke insfratuktur. Ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan,” ujar Iwa. (kit)*