Senin, 25 April 2022 13:52

Pemkot Cimahi Launching Gerakan Literasi Digital Administrasi Kependudukan

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Inovasi pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk)  menjadi salah satu faktor penarik untuk memajukan organisasi. Menurutnya, tentu ada strategi kapan harus mendorong atau kapan harus menarik organisasi Dukcapil agar lebih trengginas melayani masyarakat. Inovasi ini menjadi bukti keberanian Dukcapil untuk keluar dari sekat-sekat masalah yang selama ini diangap tidak bisa diterobos.

Hal itu yang dilakukan Disdukcapil Kota Cimahi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dibidang Adminstrasi Kependudukan (Adminduk), yang launchingnya dilaksanakan pada Senin (25/4/2022) di Aula Gedung B Pusat Perkantoran Pemkot Cimahi oleh Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana.

“Kami meluncurkan program Literasi Digital Adminduk untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat Kota Cimahi,” ungkap Ngatiyana.

Untuk lebih dikenal masyarakat Cimahi dalam pengguunaannya, Pemkot Cimahi menggaet kader di Masyarakat dalam membantu mensosialisasikan literasi digital adminduk ini.

“Kami baru membentuk kader di tuga Kelurahan yaitu Melong, Padasuka dan Citeureup,” jelasnya.

Dalam pelayanan administrasi kependudukan ini, masyarakt tidak perlu lagi secara tatap muka mengantri di loket pelayanan namun bisa dilakukan secara online melalui smartphone masing-masing.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Cimahi Latipah menyebutkan, hanya dengan telunjuk masyarakat bisa mendapatkan pelayanan secara mudah dan cepat melalui smartphone berbasis Android.

Pemohon hanya tinggal mengunggah berkas yang harus dipenuhi di aplikasi tersebut. Proses pengunggahan dilakukan dengan cara memotret berkas secara langsung menggunakan telepon seluler. Setelah terunggah, berkas akan diverifikasi dan divalidasi petugas administrasi (admin).

Jika persyaratan dinyatakan lengkap, pemohon akan diberi pemberitahuan melalui aplikasi bersangkutan dan dokumen segera dicetak.

“Dokumen tercetak dapat diambil dengan menyerahkan berkas asli kepada petugas di Kantor Disdukcapil,” katanya.

Baca Lainnya

Topik Populer