Selasa, 21 Mei 2019 11:13

Pemkot Cimahi Gelar OPM, ini Jenis Kebutuhan dan Harga Lengkapnya!

Reporter : Fery Bangkit 
Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna saat menyerahkan kebutuhan pokok kepada warga.
Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna saat menyerahkan kebutuhan pokok kepada warga. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Dua pekan Ramadhan, Pemkot Cimahi menggelar Operasi pasar Murah (OPM) kebutuhan pokok. Penjualan kebutuhan pokok subsidi itu dibuka Selasa (21/5/2019) di Kecamatan Cimahi Utara, Jalan Jati Serut, Cibabat.

Ada tiga macam kebutuhan pokok yang disubsidi anggaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yakni beras premium sebanyak 5 kilogram, minyak goreng 2 liter dan gula pasir 2 kilogram.

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna saat di Operasi Pasar Murah (OPM).

Baca Juga : Gelar OPM Sembako Saat Ramadan, Pemkot Cimahi sediakan 5 Ribu Kupon

Harga tiga jenis kebutuhan pokok itu bisa ditebus dengan harga Rp60.000 saja, dari harga normal Rp136.000. Sisanya disubsidi dari anggaran Pemprov Jawa Barat sebesar Rp76.000 untuk setiap paket berisi tiga jenis kebutuhan pokok.

Di Kota Cimahi, ada 6.000 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang berhak mendapatkan kebutuhan pokok itu. Rinciannya, 1.800 RTS di Kecamatan Cimahi Utara, 1.800 RTS di kecamatan Cimahi Tengah dan 2.400 RTS di Kecamatan Cimahi Selatan.

Baca Juga : Dibuka Wali Kota, OPM Spesial Ramadan di Cimahi Resmi Dimulai

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna mengatakan, operasi pasar murah ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat rumah tangga miskin dengan memberikan harga beli yang lebih rendah daripada harga pasar. Sebab, memiliki subsidi yang sudah tertuang dalam keputusan gubernur Nomor 511/kep.317-rek/2019.

Penyerahan kebutuhan pokok kepada warga.

"Insya Allah kegiatan ini akan bermanfaat dalam rangka penyediaan kebutuhan pokok masyarakat, khususnya bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu," ujar Ajay usai membuka OPM 2019.

Baca Juga : Pemkot Cimahi Hanya Ambil Tiga Jatah Komoditi untuk OPM

Dikatakannya, seperti tahun sebelumnya pada bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri kerap terjadi peningkatan harga kebutuhan pokok. Hal ini ditandai dengan meningkatnya permintaan pasar terhadap beberapa komoditas tertentu. Terutama yang menyangkut kebutuhan pokok masyarakat yang mengalami peningkatan cukup signifikan.

Ini tiga macam kebutuhan pokok yakni beras premium sebanyak 5 kilogram, minyak goreng 2 liter dan gula pasir 2 kilogram.

Atas dasar itulah, kata Ajay, Pemkot Cimahi bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat dan Bulog Divre Jawa Barat untuk melaksanakan OPM ini untuk mengantisipasi dan menekan kenaikan harga bahan pokok selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

"Untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari  manakala terjadi kenaikan atau lonjakan harga," tandasnya.

Baca Lainnya