Senin, 22 Januari 2018 13:58

Pemkot Cimahi Dukung Impor Beras

Reporter : Fery Bangkit 
Stok Beras di Gudang Salah Seorang Pedagang.
Stok Beras di Gudang Salah Seorang Pedagang. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Kebijakan impor beras oleh pemerintah pusat diamini Pemerintah Kota cimahi. Langkah tersebut dinilai mampu menekan harga besar ditingkat pengecer yang mahal.

Kepala Seksi Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi, Agus Irwan mengungkapkan, kebijakan impor beras memang seharusnya dilaksanakan.

Hal tersebut merupakan langkah gang paling tepat untuk menekan harga beras di pasar tradisional Kota Cimahi dan daerah lainnya yang selama beberapa waktu belakangan mengalami lonjakan drastis.

"Kalau kami kan hanya pelaksana teknis di tingkat daerah, jadi bagaimanapun juga kebijakan impor ini memang harus dilaksanakan," ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (22/1/2018).

Saat ini beras medium masih bertahan di angka Rp 11.000/kilogram atau meningkat sebesar Rp 2.000 perkilogram dari harga sebelumnya di kisaran Rp 9.000/kilogram.

Sedangkan untuk harga beras premium di pasar tradisional Kota Cimahi seperti di Pasar Atas Kota Cimahi, saat ini mencapai Rp 13.000 perkilogram, sebelumnya hanya Rp 11.000, perkilogram.

Tak hanya itu, upaya lainnya yang telah dan akan dilaksanakan yakni bazar beras murah dan operasi pasar. Bazar beras murah telah dilakukan di tiga kecamatan di Kota Cimahi, sedangkan operasi pasar akan dilaksanakan beberapa hari kedepan.

"Untuk operasi pasar rencananya akan kita lakukan beberapa hari kedepan, tapi berkoordinasi dulu dengan Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Barat dan Bulog Jawa Barat," katanya.