Rabu, 24 November 2021 19:06

Pemkot Cimahi Dinilai ‘Membuang’ Uang Ratusan Miliar

Penulis : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Gagalnya pelaksanaan revitalisasi Stadion Sangkuriang yang direncanakan menggunakan bantuan provinsi senilai Rp270 Miliar mendapat sorotan tajam dari legislator di Kota Cimahi. Pasalnya dengan urungnya revitalisasi stadion menggunakan dana bantuan Pemprov Jabar Pemkot Cimahi dinilai ‘membuang’ uang ratusan miliar rupiah.

Menurut Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Cimahi Robin Sihombing, pihaknya sangat menyayangkan gagalnya revitalisasi stadion Sangkuriang dengan dana bantuan Provinsi, padahal jika melihat sumber anggaran yang direncanakan sejak awal, nilai Rp 270 Miliar merupakan angka yang sangat besar bagi Kota Cimahi, karena dalam setahun, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cimahi hanya  senilai sekitar Rp355 Miliar.

“Kenapa ada anggaran dari Pemprov senilai Rp270 Miliar tidak bisa dimanfaaatkan secara baik, kemampuan Pemkot Cimahi dalam mengelola anggaran ini patut dipertanyakan,” ungkap Robin kepada Limawaktu.id, Rabu (24/11/2021).

Menurut dia, Revitalisasi Stadion Sangkuriang merupakan kebutuhan masyarakat Kota Cimahi yang sangat mendesak.  Stadion ini merupakan kebanggaan dan ikon bagi masyarakat Kota Cimahi. Padahal banyak kaum muda di Kota Cimahi yang memiliki bakat dibidang olahraga jadi tidak berkembang, salah satunya karena tidak memiliki stadion.

“Jika revitalisasi Stadion Sangkuriang ini gagal, maka  merupakan kesalahan yang sulit diterima oleh masyarakat, kita bisa membayangkan kapan Pemkot Cimahi memiliki anggaran untuk sebuah program sebesar itu, ” paparnya.

 Tak hanya itu, kata dia,  dengan adanya kesampatan untuk mendapatkan anggaran sebasar itu yang tidak bisa dimanfaatkan untuk melakukan revitalisasi Stadion Sangkurian sama saja dengan ‘membuang’ uang atau menyianyiakan kesempatan yang ada.

“Ini bisa dikatakan ‘membuang’ atau menyianyiakan uang yang ada,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana menuebutkan, perbaikan Stadion Sangkuriang tetap akan dilakukan, namun tidak pada tahun ini. Perbaikan stadion tersebut direncanakan akan dilakukan pada 2022 sekitar Februari, sehingga pada Juli 2022, Stadion Sangkuriang sudah bisa digunakan.

“Rapat dengan Komisi III DPRD Kota Cimahi menyepakati pembangunan Stadion Sangkuriang ini akan menggunakan APBD Kota Cimahi, tak ada pembongkaran GOR nantinya,  “ katanya.

 

 

Baca Lainnya