Minggu, 22 Juli 2018 14:44

Pemkot Cimahi dapat Lampu Hijau dari Pusdik Armed untuk Lebarkan jalan di Pertigaan Baros

Reporter : Fery Bangkit 
Pertigaan Jalan Depan Pusdik Armed Kota Cimahi.
Pertigaan Jalan Depan Pusdik Armed Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Pemerintah Kota cimahi mendapatkan tanah hibah seluas 4 meter untuk memperlebar jalan di pertigaan Pusdik armed Kota Cimahi. Hibah didapat dari Pusdik Armed.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah mengatakan, pihaknya sejak lama mengajukan surat permohonan hibah tanah kepada pihak TNI, namun baru bisa dieksekusi sekarang-sekarang ini.

"Alhamdulillah sudah dapat restu. Kita sudah akan mulai melakukan proses fisik pelebaran," kata Wilman, Minggu (22/7/2018).

Berdasarkan perhitungan dan kajian, tanah milik Pusdik Armed yang akan digunakan untuk pelebaran jalan mencapai 4 meter, dengan panjang mencapai 103 meter.

"Hasil pengukuran existing lahan Pusdik Armed itu sekitar 4 meter yang akan dipakai. Saat ini, ruas Jalan baros yang akan dilebarkan hanya berukuran 4,6 meter, setelah dilebarkan, maka luas jalan nantinya jadi 8,6 meter," beber Wilman.

Untuk melakukan proyek pelebaran jalan tersebut, kata Wilman, pihaknya menyiapkan anggaran hingga Rp 200 juta. Meliputi pembongkaran pagar Pusdik Armed, pembongkaran trotoar, pengerasan, hotmix, dan untuk membuat penunjang jalan lainnya.

Untuk pengerasan dan hotmix jalan, pihaknya berharap Provinsi Jawa Barat mau turut ambil bagian, lantaran jalan tersebut berstatus jalan milik provinsi.

"Item pengerjaannya itu mulai dari pemindahan pagar Pusdik Armed, revitalisasi tanaman oleh DLH, dan penataan pagar oleh DPKP. Pelebaran jalan oleh PUPR, rambu jalan oleh Dishub, semuanya akan ditata kembali. Nantu juga trotoar akan kita buat lagi, drainase ada di bawah trotoar," jelasnya.

Wilman menuturkan, proses pengerjaan fisik rencananya akan dilaksanakan pada awal bulan Agustus, lantaran tidak perlu melakukan proses lelang. Untuk pengerjaan, kemungkinan akan dilaksanakan pada malam hari guna menghindari kondisi lalu lintas semakin krodit.

"Prediksi 3 bulan pengerjaan. Kita sudah berkoordinasi dengan Dishub dan Satlantas Polres Cimahi untuk rekayasa dan pengaturan lalu lintasnya," tandas Wilman.

Pelebaran jalan di pertigaan Pusdik Armed dilakukan untuk mengatasi kemacetan di sekitar Baros. Baik yang mengarah ke Pasar Baros maupun menuju gerbang Tol Baros.

Baca Lainnya