Senin, 25 Oktober 2021 17:05

Pemkot Cimahi dan Pemkab Bandung Sepakat Lakukan Kerjasama

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Pemerintah Kota Cimahi dan Pemerintah Kabupaten Bandung sepakat melakukan kerjasama antar dua daerah terutama dibidang lingkungan dan pelayanan publik. Hal itu ditandai dengan penandatangan naskah kerjasama antar dua kepala daerah di Aula Pemkot Cimahi pada Senin (25/10/2021).

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, insistif kerjasama ini dilakukan agar terjadi komunikasi dan koordinasi yang baik dalam melaksanakan program pembangunan di dua daerah. Tak hanya itu, kerjasama juga dilakukan karena Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung merupakan daerah yang saling berbatasan.

"Untuk melaksanakan program pembangunan di perbatasan tentu harus ada kerjasama yang baik antara dua wilayah tak bisa berjalan sendiri-sendiri, makanya kita lakukan kerjasama ini," katanya.

Ngatiyana menyebutkan, salah satu prioritas dalam kerjasama ini adalah penanganan banjir di perbatasan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung yang selama ini masih terjadi. Dengan adanya kerjasama ini akan memudahkan Pemkot Cimahi maupun Pemkab Bandung dalam penanganan permasalahan di perbatasan. Hal yang sama juga sudah dilakukan dengan Pemkot Bandung.

"Kota Cimahi punya permasalahan seperti banjir Melong. Untuk mengatasinya harus ada kerjasama dengan Kabupaten Bandung karena ada wilayah yang jadi pembebasan lahan dan aliran sungai ada di Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung," sebutnya.

Sementara, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengungkapkan, dalam kesepakatan ini Pemkab Bandung resmi bekerja sama dengan Pemkot Cimahi pada bidang Lingkungan dan layanan publik.Tentu dari semua OPD sama, dari setiap OPD yang ada di Kabupaten Bandung dengan Kota Cimahi juga sama.

" Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi merupakan daerah aglomerasi Bandung Raya. Selain berdekatan secara geografis, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi pun dekat dalam berbagai hal lainnya," terangnya, usai penandatanganan naskah kerjasama.

Menurut dia, Berdasarkan sejarah kota Cimahi merupakan bagian yang asalnya dari Kabupaten Bandung, tentu kita harus betul-betul kompak terutamanya dalam hal pelayanan.
"Saya tak ingin ada kesenjangan di antara daerah Bandung Raya sehingga lewat kerjasama ini bisa membuat semua menjadi lebih baik," katanya.

Dikatakannya, Pemkot Cimahi dan Pemkab Bandung bersepakat untuk terus berkoordinasi dalam melakukan banyak hal. Salah satu hal yang menjadi prioritas adalah penanganan banjir di titik perbatasan.

" Kita kan ada pembagian tugas, sekarang kan ada saling tuding, ini harus duduk bersama, kita sama-sama kita berikan pemahaman dan ada pembagian tugas yang pada akhirnya tak ada yang dirugikan," jelasnya.

Baca Lainnya