Selasa, 12 Juni 2018 15:27

Pemkot Cimahi Berangkatkan Ratusan Pemudik Gratis Semarang-Solo

Reporter : Fery Bangkit 
Pelepasan Mudik Gratis Dinas Perhubungan Kota Cimahi di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Selasa (12/6/2018).
Pelepasan Mudik Gratis Dinas Perhubungan Kota Cimahi di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Selasa (12/6/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sebanyak 613 pemudik asal Cimahi diberangkatkan secara gratis melalui program 'mudik Gratis Lebaran 2018' ala Dinas Perhubungan Kota Cimahi.

Ratusan pemudik dilepas langsung oleh Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna ditemani Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara dan Dandim 0609/Kab Bandung Letkol Arh Andre Wira Kurniawan.

Baca Juga : Tegas, Kendaraan Dinas di Cimahi Dilarang Dipakai Mudik

Pelepasan dan pemberangkatan berlangsung di Lap. Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Selasa (12/6/2018). Total ada 12 bus yang diberangkatkan menuju Cimahi-Semarang via Cirebon dan Cimahi-Solo via Yogjakarta.

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna mengatakan, pelaksanaan mudik gratis angkutan lebaran ini merupakan yang kedua di Kota Cimahi. Salah satu tujuannya, untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga : 20 Ribu Lebih Anak Pramuka Dilibatkan Amankan Mudik Lebaran di Jawa Barat

"Ini salah satu kepedulian, karena moment lebaran ini moment ritual khusus. Menjadi acara tahunan," kata Ajay usai pelepasan.

Peserta pemudik gratis kali ini meningkat dua kali lipat dibandingkan pelaksanaan mudik gratis pertama tahun 2017 kemarin. Tahun 2017, hanya 308 pemudik yang diangkut menggunakan delapan bus.

Baca Juga : Hadapi Arus Mudik, Dishub Kota Cimahi Siapkan Jalan Alternatif

Total anggaran yang dikeluarkan Dinas Perhubungan Kota Cimahi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi mencapa Rp 148 juta, dari total pagu anggaran awal Rp 160 juta.

"Ke depan insyaAlloh kita akan perbaiki. Ini naik dua kali lipat perbaiki," tutur Ajay.

Terakhir, Ajay menghimbau agar para pemudik yang berangkat kali ini tidak membawa sanak saudara bila kembali Kota Cimahi. Apalagi, orang yang dibawa itu tidak memiliki pekerjaan pasti di Cimahi.

"Kami himbau, kalau di sininya belum pasti (bekerja, jangan bawa keluarga)," imbuhnya.

Baca Lainnya