Minggu, 18 April 2021 16:51

Pemkot Cimahi Bangkitkan Kembali Wisata Militer

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Keberadaan Kota Cimahi yang dikenal dengan kota militer ditandai dengan Pusat Pendidikan (Pusdik) TNI. Tak hanya itu, di Kota Cimahi juga banyak berdiri bangunan bersejarah atau herirtage , ini menjadi potensi yang luar biasa untuk dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata. Meski sempat tertunda usai launching beberapa tahun lalu, tekad Pemkot Cimahi untuk mewujudkan Wisata Militer tampaknya semakin kuat. Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, saat berbincang dengan Limawaktu.id, Minggu (18/4/2021).

Menurutnya, konsep wisata yang mengusung jelajah bangunan bersejarah atau heritage yang banyak dikelola TNI di Kota Cimahi itu sudah digagas sejak beberapa tahun lalu. Bahkan, momen peluncuran sudah digelar 2017 dan 2018. Bahkan beberapa tahun lalu, Kodiklat TNI AD sudah menyatakan akan membantu untuk memfasilitasi pelaksanaan ekspos terhadap instansi militer di Kota Cimahi terkait dengan program wisata militer ini.

“Dalam desain perencanaan sebelumnya, ada sejumlah tempat milik instansi militer yang menjadi destinasi wisata heritage di Kota Cimahi, seperti makam Kerkof, Gedung The Historich, Stasiun Kereta Api Cimahi, Pusdikpom, Pusdik Armed,  Pusdikjas, Penjara Poncol,” katanya.

Dikatakannya, Disbudparpora Kota Cimahi secara resmi sudah meresmikan wisata heritage yang bertajuk Cimahi Military Tourism akhir 2018. Namun, konsepnya belum sesuai rencana dimana wisatawan bisa mengunjungi langsung destinasi wisata yang telah direncanakan. Saat ini, Bermodalkan bus wisata hibah dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang diberi nama Saba Kota Cimahi (Sakoci), wisata tersebut masih bersifat city tour. Rute Sakoci melewati bangunan-bangunan heritage atau cagar budaya sampai 15 tempat.

Dia melanjutkan, Kota Cimahi berpotensi menarik wisatawan datang dengan adanya bangunan haritagenya. Wisata heritage ini tergolong kedalam wisata minat khusus, dimana wisatawan  yang berminat dengan wisatawan ini adalah wisatawan yang menyukai sejarah, budaya dan menyukai arsitektur bangunan pada jaman dulu dan juga wisatawan yang memiliki kepentingan seperti untuk menambah nilai edukasi pada saat wisata ini berlangsung.

Dengan pengembangan wisata ini maka manfaat yang akan diambil oleh masyarakat tentu saja banyak selain soal Pendidikan dan sejarah kemiliteran, atau Pendidikan karakter bagi generasi muda, tak hanya itu dengan pengembangan wisata militer juga akan banyak bermunculan fasilitas-fasilitas pendukung untuk  kegiatan wisata heritage di Kota Cimahi seperti hotel, motel dan penginapan lain., juga akan terjadi pengembangan UMKM seperti tempat usaha kuliner,  restoran  dan lain-lain.

“Bertambahnya fasilitas fasilita tersebut, maka akan menciptakan lapangan kerja baru yang berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat, dan akan menjadikan bangkitan ekonomi bagi masyarakat, selain adanya penambahan pendapatan Asli Daerah (PAD),” pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer