Jumat, 22 Oktober 2021 17:35

Pemkab Sumedang Akan Tata Gerbang Masuk Makam Cut Nyak Dien

Reporter : Wawan Gunawan
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mendampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Cut Nyak Dhien, Jum'at (22/10/2021).
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mendampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Cut Nyak Dhien, Jum'at (22/10/2021). [Instagram]

Limawaktu.id,- Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Sumedang akan melakukan penataan gerbang masuk yang langsung menuju makam Cut Nyak Dhien, yang berlokasi di Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

"Untuk merealisasikannya, harus ada lahan yang dibebaskan. Ibu Mensos menyambut baik dan siap membantu pembangunannya, " umgkap Dony saat mendampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Cut Nyak Dhien, Jum'at (22/10/2021).

Menurut Dony Mensos Risma ingin melihat DED yang diajukan Pemkab Sumedang. Selain siap mengalokasikan anggaran, Risma akan mengajak bicara Pemerintah Aceh, tokoh-tokoh masyarakat, sejarawan untuk melakukan penataan makam ini.

Dikatakannya, hampir setiap hari terutama hari libur dan akhir pekan, banyak yang berziarah ke makam srikandi asal Aceh yang dibuang kolonial Belanda ke Sumedang dan meninggal serta dimakamkan di Gunung Puyuh yang berada di kawasan pemakaman para Pangeran Sumedang dan keturunannya.

Usai berziarah, Mensos Risma mengatakan, ia merupakan pengagum berat Cut Nyak Dien sejak lama.

"Saya kagum dengan semangat perjuangan beliau yang berjuang melawan penjajahan Belanda," ujarnya.

Dia menuturkan, setelah melihat makam Cut Nyak Dien, Risma mengajak kepada generasi muda untuk mengenang jasa-jasanya bagi perjuangan Indonesia.

"Kita harus menghormati jasanya dan memberikan contoh bagi anak-anak muda," tuturnya.

Baca Lainnya