Sabtu, 20 Maret 2021 10:51

Pemkab Purwakarta Siapkan Lima Program Dukung Kebersihan Lingkungan

Reporter : Saiful Huda Ems (SHE)
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika [humas]

Limawaktu.id,- Pemerintah Kabupaten Purwakarta melaui Dinas Tata Ruang dan Permukiman siapkan program untuk menjadikan Purwakarta lebih bersih, indah dan tertata dengan baik.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengungkapkan, sebanyak lima  program dampingan sudah disiapkan Distarkim Kabupaten Purwakarta untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Kelima program tersebut adalah Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), Program Kota Tanpa Kumuh ( Kotaku), Sanimas Citarum Harum, DAK Air Minum, Sanitasi dan Perumahan dan Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat.

 “Program-program tersebut akan disebar di beberapa desa dan kelurahan di Purwakarta. Diantaranya, untuk PISEW akan diberikan untuk 6 desa. Untuk Kotaku akan disebar di 8 kelurahan dan desa, 13 desa dan kelurahan untuk Sanimas. Sedangkan untuk DAK air minum sebanyak 26 desa serta DAK sanitasi dan DAK perumahan sebanyak untuk 18 desa,” ungkapnya, Sabtu (20/3/2021) .

 Dia berharap, nantinya tak ada lagi masyarakat Kabupaten Purwakarta yang terpapar penyakit akibat tidak bermutunya sistem sanitasi. Terlebih di masa pandemi ini imunitas masyarakat juga ditentukan tingkat sanitasinya. Banyak penyakit yang disebabkan oleh kurang memadainya sistem sanitasi. Penyakit tersebut di antaranya diare, flu dan pilek, penyakit-penyakit kulit dan lainnya. Akibatnya jika terserang penyakit-penyakit tersebut maka dikhawatirkan mudah terkena Covid-19.

 “Melalui program-program tersebut bisa membantu masyarakat khususnya di Kabupaten Purwakarta untuk meningkatkan imunitas tubuhnya di masa pandemi seperti sekarang ini,” harapnya.

Baca Lainnya

Topik Populer