Jumat, 20 Mei 2022 19:41

Pemkab Bandung Raih WTP Keenam Kali

Reporter : Bubun Munawar
Bupati Bandung menerima LHP dari BPK Perwakilan Jawa Barat, Jumat (20/2/2022)
Bupati Bandung menerima LHP dari BPK Perwakilan Jawa Barat, Jumat (20/2/2022) [Instagram]

Limawaktu.id,- Pemkab Bandung meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)  atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, pihaknya merasa bangga dan terharu atas raihan Opini WTP Pemkab Bandung, ini berkat kerjasama semua pihak dan warga Kabupaten Bandung.

“Alhamdulillah, Kabupaten Bandung mendapatkan Opini WTP yang keenam kali berturut-turut,” katanya, Jum’at (20/5/2022).

Dikatakannya, Meski Opini WTP keenam kali sudah diraih jangan sampai membuat terlena, Dengan terus menerapkan dengan peraturan perundangan terbaru dan disiplin dalam pola anggaran penyerapan anggaran.

Dia menyebutkan, pencatatan aset milik Pemkab Bandung itu sampai sekarang baru 10 persen. Tapi tahun ini ditargetkan 600 bidang aset bisa dibereskan dari total 2.200 bidang. Karena kunci dari mempertahankan Opini WTP antara lain dari dalam hal akuntabilitas dan pelaporannya harus sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

“Ada beberapa peraturan perundangan yang baru dan harus disesuaikan SOP-nya. Makanya sekarang kan peran dan fungsi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan Inspektorat lebih dioptimalkan lagi,” sebutnya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua Kepala OPD dan ASN serta Karyawan Kabupaten Bandung, para camat, para kades se-Kabupaten Bandung, juga warga Kabupaten Bandung atas kerjasamanya.

Baca Lainnya