Rabu, 7 Juni 2023 11:43

Pemkab Bandung Berikan Bantuan Korban Puting Beliung Baleendah

Penulis : Wawan Gunawan
Bupati Bandung Dadang Supriatna menyerahkan bantuan kepada korban puting beliung di Baleendah, Rabu (7/6/2023)
Bupati Bandung Dadang Supriatna menyerahkan bantuan kepada korban puting beliung di Baleendah, Rabu (7/6/2023) [Instagram]

Limawaktu.id, - Di lokasi bencana alam Puting Beliung, di Desa Bojongmalaka Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung yang terjadi Senin (5/6/2023), sekitar 152 rumah mengalami kerusakan.

“Alhamdulillah hari ini sudah dilakukan asesmen, nanti Kalak BPBD akan mengkategorikan mana yang berat, sedang ataupun ringan. Bersama perangkat daerah terkait, kita akan dorong bantuan kepada masyarakat bisa tersalurkan. Tentunya, sesuai dengan prosedur, “ungkap Bupati Bandung Dadang Supriatna, Rabu (7/6/2023) .

Dia menghimbau warga, di tengah kondisi cuaca yang tak menentu saat ini, dirinya  saya mengimbau  untuk selalu waspada, terutama pada peralihan musim.

“Mudah-mudahan masyarakat yang terkena musibah diberikan kesabaran, Insya Allah Pemkab Bandung akan berupaya meminimalisir dampak risiko bencana ini,” katanya.

Peristiwa Putting Beliung ini, awalnya, terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Tidak lama setelah itu, puting beliung menghantam salah satu rumah warga Kampung Bojongmalaka, Desa Bojongmalaka, Kecamatan Baleendah, Mahmudin (43).

Udin mengatakan peristiwa tersebut dialami juga kakaknya. Namun, menurutnya kerusakan di kediaman kakaknya tidak begitu parah.

"Kebetulan rumah yang kakak juga sama kena dampaknya, roboh. Terus di depan rumah kakak juga ada

Kapolsek Baleendah Kompol Tedi Rusman menyebutkan, ratusan rumah mengalami kerusakan pada atap rumah. Ada juga beberapa rumah roboh akibat puting beliung.

"Kalau mayoritas kerusakan itu lebih kepada atap rumah. Karena angin cukup kencang, jadi atap rumah banyak yang terbang. Gentingnya, kanopinya. Kalau bangunan sendiri yang roboh itu ada beberapa rumah agak sedikit jebol," katanya.

Baca Lainnya