Jumat, 24 Januari 2020 19:34

Pemkab Bandung Barat Siapkan Rp 200 Juta untuk Perbaiki Jembatan Cilengkrang

Jembatan Cilengkrang di Kampung Sukamanah Desa Cilame yang ambles pada Selasa (2112020).
Jembatan Cilengkrang di Kampung Sukamanah Desa Cilame yang ambles pada Selasa (2112020). [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Pemkab Bandung Barat menyiapkan anggaran Rp 200 juta untuk memperbaiki Jembatan Cilengkrang di Kampung Sukamanah, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang ambles pada Selasa (21/1/2020).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang KBN, Anugrah menargetkan, pengerjaan fisik perbaikan jembatan kemungkinan dilakukan minggu depan karena sekarang sedang dalam tahap persiapan.

"Anggarannya sudah disiapkan sebesar Rp200 juta jadi tinggal dikerjakan jika semua siap," kata Anugrah saat meninjau ke lokasi bersama Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, Jumat (24/1/2020).

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menilai, jembatan yang ambles ini merupakan akses jalan vital bagi aktivitas warga. Makanya dirinya meminta agar perbaikan dilakukan secepat mungkin supaya kembali bisa dilewati warga. Apalagi jalur ini merupakan salah satu akses alternatif warga dari arah Cimahi yang hendak menunu kantor Pemda KBB di Ngamprah.

Aa Umbara juga menanggapi keluhan warga soal dampak pembangunan perumahan di sekitar wilayah tersebut, sehingga mengakibatkan penyempitan sungai dan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya banjir bandang beberapa waktu lalu. Dirinya meminta dinas terkait untuk turun ke lapangan dan mengetahui bagaimana kondisi riil di lapangan, sehingga bisa dicarikan solusinya.

"Bagi pengembang atau siapapun kalau membangun harus memperhatikan dampak lingkungan, jangan sampai mereka untung tapi masyarakat dirugikan. Dinas teknis harus turun, masa bupatinya ke lapangan dinasnya tidak," tandasnya.

Seperti diketahui, akses jalan alternatif menuju kantor Pemda KBB di Ngamprah, dari arah Cimahi lumpuh akibat Jembatan Cilengkrang ambles. Sebelum ambles sudah terlihat ada retakan di jembatan yang memiliki lebar 3 meter, panjang 5 meter dan melintang di atas Sungai Cilengkrang itu.

Selain akibat struktur yang sudah rapuh karena tak lagi kuat menahan beban, tingginya intensitas hujan membuat jembatan itu akhirnya ambles

Baca Lainnya