Senin, 30 Mei 2022 16:14

Pemilih di Kecamatan Lembang Terbanyak se Kabupaten Bandung Barat

Reporter : Bubun Munawar
Pimpinan KPU KBB saat beraudiensi dengan Ketua PA Ngamprah terkait koordinasi penyiapan data pemilih di KBB
Pimpinan KPU KBB saat beraudiensi dengan Ketua PA Ngamprah terkait koordinasi penyiapan data pemilih di KBB [Istimewa]

Limawaktu.id,- Jumlah pemilih di Kabupaten Bandung Barat (KBB) berdasar  Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) pada Mei 2022 mencapai 1.215.883 orang yang terdiri dari 612.395 orang pemilih laki-laki dan sebanyak 603.488 orang merupakan pemilih perempuan.

 Adapun jumlah pemilih terbanyak, tercatat berdomisili di Kecamatan Lembang yang menembus 132.196 orang pemilih.

Wilayah Kecamatan Lembang sendiri terdiri dari 16 desa sekaligus wilayah dengan jumlah desa yang terbanyak di KBB. Lembang ini  terletak di antara perbatasan Kota Bandung, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Bandung.

Selain Kecamatan Lembang, tercatat Kecamatan Padalarang sebagai kecamatan yang terbanyak kedua jumlah pemilihnya. KPU KBB mencatat sebanyak 123.488 orang pemilih di Kecamatan Padalarang. Lalu diikuti Kecamatan Ngamprah yang memiliki pemilih sebanyak 119.219 orang pemilih.  Adapun jumlah pemilih paling sedikit terdapat di Kecamatan Saguling yang memiliki enam desa dengan jumlah pemilih 23.483 orang.

Data pemilih tersebut, hasil olah input data pemilih KPU KBB dari kegiatan DPB yang merupakan kegiatan rutin bulanan.

“DPB ini program rutin, pembaruan data terus kami lakukan setiap hari. Kemudian kami publikasi setiap akhir bulan,” ujar Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Perdatin) KPU KBB, M Yuga Wira Praja didampingi Kasubbag Perdatin, Fren Satria Mulya di Kantor KPU KBB, Senin (30/5/2022).

Menurutnya, KPU KBB selalu berkomunikasi aktif dengan seluruh pemangku kepentingan terkait olah dan input data pemilih.

“Pelaporan masyarakat secara pribadi ataupun secara struktural terkait keberadaan pemilih baru ataupun penghapusan data pemilih karena pemilih meninggal dunia ataupun pindah domisili sangat kami nantikan,” tandas Yuga.

KBB sendiri memiliki 16 Kecamatan dan 165 desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, Kota Cimahi dan Kota Bandung.

Baca Lainnya