Sabtu, 17 Juni 2023 21:30

Pemerintah Percepat Pembangunan Pusat Pemerintahan Provinsi Papua Tengah

Penulis : Bubun Munawar
Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo bersama Komisi II DPR RI mengunjungi calon lokasi pusat pemerintahan Provinsi Papua Tengah, Jum'at (16/6/2023)
Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo bersama Komisi II DPR RI mengunjungi calon lokasi pusat pemerintahan Provinsi Papua Tengah, Jum'at (16/6/2023) [Puspen Kemendagri]

Limawaktu.id,- Nabire - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengajak masyarakat untuk saling menjaga keamanan di Provinsi Papua Tengah. Dengan terjaminnya rasa aman di lingkup masyarakat, Wempi meyakini percepatan pembangunan dapat dilakukan. Dengan demikian masyarakat di Papua Tengah akan merasakan kesejahteraan dari dampak adanya pembangunan itu.

“Karena itu, kami Kemendagri sejak disahkan UU Nomor 14 15 16 dan 29 (tentang pembentukan DOB Papua), kita bekerja lebih cepat khususnya untuk ingin mengclearkan lahan yang menjadi pusat pelayanan pemerintahan untuk rakyat kita,” beber Wempi, dalam keterangan tertulis yang diterima Limawaktu.id, Sabtu (17/6/2023).

Wempi tak memungkiri, proses penyelesaian lahan di wilayah Papua memiliki tantangan yang besar. Untuk itu pihaknya mengapresiasi para suku di wilayah Nabire, Papua Tengah, yang telah membantu upaya percepatan pembangunan dengan bersedia menghibahkan lahan untuk lokasi pusat pemerintahan.

Pada kesempatan tersebut, Wempi menjelaskan proses pembangunan di wilayah 4 DOB Papua terus dipercepat. Hal ini terlihat dari upaya pemerintah pusat salah satunya melalui Kementerian PUPR yang membentuk 4 satuan tugas (satgas). Satgas tersebut dibentuk untuk mendorong percepatan pembangunan, khususnya dalam hal infrastruktur.

“Harapan kita bahwa mari saya ajak masyarakat kita menjaga keamanan lebih baik, sehingga tidak terhambat dengan apa yang menjadi rencana besar kita untuk kita bisa membangun ini,” jelasnya.

Di lain sisi, Wempi juga mengapresiasi jajaran Bupati se-Papua Tengah yang telah hadir pada peninjauan tersebut. Selain itu, pihaknya juga memuji atas dukungan yang senantiasa diberikan guna mendorong kemajuan Provinsi Papua Tengah.

“Sekali lagi terima kasih para bupati yang memberi support luar biasa. Hari ini bisa kompak hadir itu artinya keingin bersama-bersama memajukan provinsi di Papua Tengah,” tandasnya.

Pihaknya, bersama jajaran pimpinan dan anggota Komisi II DPR RI meninjau lokasi calon pusat pemerintahan Provinsi Papua Tengah di Distrik Karadiri Wanggar, Kabupaten Nabire, Papua Tengah, Jumat (16/6/2023).

Peninjauan itu merupakan salah satu rangkaian agenda kunjungan kerja keduanya di empat wilayah Daerah Otonom Baru (DOB) Papua.

Dalam peninjauan tersebut, rombongan disambut oleh Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Tengah Valentinus Sudarjanto Sumito beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat. Di kawasan itu pula rombongan banyak menyimak penjelasan mengenai progres pembangunan di Papua Tengah, khususnya mengenai rencana pembangunan pusat pemerintahan.

 Sebagai informasi tambahan, usai melakukan peninjauan tersebut, rombongan juga turut serta dalam meninjau progres pembangunan bandara baru di Nabire. Para rombongan tampak saksama melihat sejumlah fasilitas di bandara. Bahkan para rombongan juga memuji fasilitas bandara yang relatif lebih modern dan siap untuk difungsikan.

Baca Lainnya