Sabtu, 10 Februari 2018 20:21

Pembebasan Lahan Terminal Cibeber Gagal, ini Alasannya

Reporter : Fery Bangkit 
Endang, Kepala Bidang Angkutan dan Penerangan Jalan Umum Dinas Perhubungan Kota Cimahi.
Endang, Kepala Bidang Angkutan dan Penerangan Jalan Umum Dinas Perhubungan Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Pembebasan lahan di Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi batal terealisasi diakhir tahun 2017 lalu. 

Padahal, lahan untuk pembuatan terminal tipe C itu sudah direncanakan rampung tahun 2017. Alokasi yang dianggarkan mencapai Rp 2 miliar.

Kepala Bidang Angkutan dan Penerangan Jalan Umum Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang menjelaskan, tidak terealisasinya pembebasan lahan tersebut lantaran belum adanya kesepakatan harga dengan pemilik tanah.

"Kebetulan ada kendala terkait harga. Perlu pendekatan lebih lanjut," ujarnya saat dihubungi via telepon, Sabtu (10/2/2018).

Total lahan yang harus harus dibebaskan mencapai 400 meter persegi, dari total sekitar 700 meter persegi lahan yang ditargetkan menjadi lahan pembutan Terminal Cibeber.

"Ada 2 (dua) Kepala Keluarga (KK) yang harus dibebaskan (lahannya, red)," terangnya.

Ia melanjutkan, bila tidak mencapai kesepakatan dengan pemilik, pihaknya harus mencari alternatif lokasi lain. Namun, lokasinya masih di sekitar Kelurahan Cibeber.

Kemungkinan, untuk pembebasan lahan khusus pembuatan terminal di Cibeber ini akan dianggarkan lagi saat anggran perubahan tahun 2018.

"Tahun sekarang ada pembicaraan dengan Bappeda agar dialokasikan lagi realisasinya setelah (anggaran) perubahan," pungkasnya.