Selasa, 24 Agustus 2021 12:50

Pemakaian Air Bersih Meningkat

Reporter : Bubun Munawar
Sumber air dari kali Cimahi menjadi bahan baku air bersih yang diolah BLUD
Sumber air dari kali Cimahi menjadi bahan baku air bersih yang diolah BLUD [Humas Cimahi ]

Limawaktu.id,- Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) Air Minum Kota Cimahi  mencatat adanya kenaikan pemakaian air bersih selama PPKM yang diberlakukan pemerintah.

Kepala BLUD Kota Cimahi, Dede M Asrori mengatakan, kenaikan pemakaian air bersih yang dialiri dari SPAM mencapai 5 persen dari biasanya. Awalnya, pemakaian air oleh masyarakat hanya sekitar 42 liter per detik, yang kemudian naik menjadi 45 liter per detik.

"Bisa saja adanya peningkatan pemakaian air sekitar 5 persen akibat dari warga di rumah saja. Perubahan dilihat dari total biasanya pemakaian 42 liter per detik menjadi 45 liter per detik rata-rata," ungkap Dede, Selasa (24/8/2021).

Namun penyebab lebih mendasar, ungkap Dede, kenaikan pemaikan ari bersih yang terdistribusi untuk wilayah tengah Kota Cimahi itu dipengaruhi musim kemarau dalam beberapa bulan ini.

"Ada peningkatan mungkin karena kemarau jadi sumur masyarakat sudah berkurang dan beralih ke ledeng sehingga beberapa bulan kemarin ada kenaikan," kata dia.

Meski ada keanikan, dirinya menjamin pasokan air bersih dari SPAM yang dikelola BLUD Air Minum masih aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tidak ada distribusi bergiliran meski musim kemarau datang.

"Pelayanan normal masih 24 jam tidak digilir. Ketersediaan produksi juga masih aman dan air bersih," ucap dia.

Kapasitas produksi SPAM milik BLUD yang terletak di Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah itu mencapai sekitar 3.500 meter kubik setiap harinya. Air bakunya memanfaatkan aliran Sungai Cimahi.

"Tahun ini rencana ada penambahan 327 sambungan PAM baru yang dipasang oleh dinas dan oleh kita," Pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer