Jumat, 7 September 2018 11:36

Pemadaman Listrik Cimahi-KBB Berlanjut? Ini Penjelasan PLN Area Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi
Ilustrasi [Fery Bangkit/limawaktuid]

Limawaktu.id, - Pemadaman bergilir pasokan listrik untuk area Kota Cimahi-Bandung Barat sepertinya akan berlanjut hari ini (7/9/2018).

Hal tersebut lantaran Saluran Tegangan Ekstra Tinggi (sutet) Paiton-Grati masih dalam proses pemulihan akibat gangguan yang dialami sejak Rabu (5/9/2018).

Baca Juga : 98% Warga di Jawa Barat Sudah Nikmati Listrik

Sebelumnya, akibat gangguan tersebut, pasokan listrik untuk wilayah Jawa-Bali mengalami pemadaman. Untuk PLN Area Cimahi-KBB, pemadaman dilakukan bergilir karena menyesuaikan dengan daya yang ada.

Asisten Manajer Jaringan PLN Area Cimahi, Arrafat Alfarizi menjelaskan, sejak mengalami gangguan beberapa hari lalu, perlahan pasokan listrik mulai pulih kembali. Saat puncak gangguan, distribusi listrik PLN Area Cimahi mencapai 60 megawatt (MW).

"Seiring ke sini, kita dapat laporan itu berangsur mulai pulih mulai masuk. Terakhir kemarin mulai berkurang (area yang terdampak)," jelasnya saat ditemui di PLN Area Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Jum'at (7/9/2018).

Dikatakannya, pada Rabu (5/9/2018), total daya yang berkurang akibat gangguan tersebut mencapai 60MW. Kamis (6/9/2018) mulai berkurang menjadi 30 MW.

"Untuk hari ini paling 15 MW," ucapnya.

Khusus pagi ini, area yang terdampak pemadaman bergilir untuk PLN Area Cimahi adalah di wilayah Desa Selacau, Lagadar, Nanjung, Margaasih, Cipatik, Tongga, Cihampelas, Saguling dan Halugoong.

PLN Area Cimahi sendiri mengcover 658.483 pelanggan untuk wilayah Cimahi-Bandung Barat. Ditambah wilayah Margaasih. Saat terjadi gangguan, wilayah Cimahi-KBB terbantu juga dengan daya cadang dari Subsistem Bandung Selatan yang mencapai 399 MW dan 171 MW dari Waduk Cirata.

"Kalau gak ada daya cadangan mungkin kita blcakout semua," tandas Arrafat.

Baca Lainnya