Kamis, 10 Februari 2022 21:17

Peluncuran 6 Command Center, Jabar Kejar Provinsi Digital Terdepan

Reporter : Iman Nurdin
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan serentak 6 command center dari Command Center Kabupaten Sukabumi, Kamis (10/2/2022).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan serentak 6 command center dari Command Center Kabupaten Sukabumi, Kamis (10/2/2022). [Istimewa]

Kabupaten Sukabumi (limawaktu.id),-- Pemda provinsi Jawa Barat (Jabar) terus mengejar penerapan digitalisasi di 27 kabupaten/kota. Harapannya, Jabar menjadi provinsi digital terdepan di Indonesia.

Komitmen provinsi digital ini ditandai dengan peluncuran 6 Command Center yang berada di Kab. Sukabumi, Kota Cimahi, Kab. Bandung, Kota Tasikmalaya, Kab Kuningan dan Kab. Tasikmalaya bertempat di Command Center, Kabupaten Sukabumi, Kamis (10/2/2022).

Menurut Ridwan Kamil, command center merupakan bentuk revolusi digital di tanah air. "Jawa Barat selalu terdepan dalam pembinaan teknologi, semata-mata karena revolusi digital tidak bisa dihindari jadi kami Pemda Provinsi Jabar ingin menjadi provinsi digital terbaik terdepan," katanya.

"Salah satunya adalah menyempurnakan proses manajemen digital di Jawa Barat dengan membangun command center ruangan penuh aplikasi tempat pemimpin memgambil keputusan," imbuh kang Emil.

Hingga saat ini, sudah ada 13 kabupaten/kota yang sudah memiliki Command Center. Termasuk 6 Command Center yang diluncurkan hari ini di 6 kabupaten/kota yaitu; Kab. Sukabumi, Kab. Kuningan, Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab. Bandung dan Kota Cimahi," terangnya.

Gubernur berharap dengan lahirnya Command Center ini menjadikan kepala daerah di 27 kabupaten/kota mengambil setiap kebijakan berdasarkan data.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi pemimpin yang tidak mengambil keputusan kurang tepat tidak ada lagi pemimpin yang telat merespons berita yang viral karena kecepatan digital yang sudah kita sediakan," harapnya.

"Nanti di tahap berikut setelah level bupati walikota, camat-camat juga harus punya ruangan walaupun skala lebih kecil sehingga sempurnalah konsep provinsi digital yang ada di Jabar," jelas Gubernur.

Baca Lainnya

Topik Populer