Senin, 23 Juli 2018 16:21

Pelayanan Rehab Gratis Pecandu Narkoba, BNNK Cimahi Kucurkan Rp 1,2 Jura per Orang

Reporter : Fery Bangkit 
Peringatan HANI 2018 yanh diadakan BNNK Cimahi di Gedung Technopark Cimahi, Jalan Raya Baros (23/7/2018).
Peringatan HANI 2018 yanh diadakan BNNK Cimahi di Gedung Technopark Cimahi, Jalan Raya Baros (23/7/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Cimahi menghimbau penyalahguna narkotika untuk mendatangi lembaga rehabilitasi yang sudah bekerja sama dengan pihaknya.

Untuk di Kota Cimahi, ada beberapa lembaga yang memberikan pelayanan rehabilitasi gratis Pecandu barang haram tersebut, seperti RSUD Cibabat, Rumah Sakit Mall, Puskemas Cimahi Tengah dan salah satu yayasan panti rehabilitasi.

Baca Juga : Peringati HANI 2018, BNNK dan Wakil Wali Kota Cimahi Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

Kepala Seksi Rehabilitasi BNNK Kota Cimahi, Samsul Anwar mengatakan, semua unit pelayanan rehabilitasi yang sudah disebutkan di atas gratis. Sebab, semuanya menjadi tanggungan BNNK Cimahi.

"Penyalahguna boleh diantar keluarga atau sendiri datang ke lembaga rehab, kemudian membawa foto sama fotocopy KTP, kemudian dilayani Rumah Sakit MALL, RSUD Cibabat. Bilang aja skema rehab BNN, maka semuanya tercover oleh BNN biayanya," jelasnya saat ditemui disela-sela peringatan HANI 2018 di Technopark Cimahi, Jln. Raya Baros, Senin (23/7/2018).

Hingga pertengahan Juli ini, ada sekitar 23 orang penyalahgunan narkotika yang direhab melalui BNNK Cimahi. "Yang sekarang yang sudah direhab medis di Puskesmas Cimahi 11, di Mall 8 (delapan) itu rehab medis. Kemudian di Yayasan Binamika itu ada 4 (empat) orang rehab sosial," beber Samsul.

Samsul membeberkan, khusus untuk rehab rawat jalan penyandang narkotika, per orangnya mencapai Rp 1,2 juta. Sedangkan untuk rehab jalan sosial, per orangnya dibutuhkan Rp 8 ratus ribu. 'Ongkos' rawat jalan tersebut akan berlaku hingga pecandu itu pulih dan produktif lagi.

"Tapi tahap rehabilitasi itu bukan berarti menjamin si pecandu bebas dari narkotika. Kita hanya sampai pemulihan saja," tandasnya.

Sementara itu Kepala BNNK Cimahi Ivan Eka Satya menambahkan, lembaga-lembaga yang telah bekerjasama dengan pihaknya untuk merehabilitasi pecandu narkotika memiliki pelayanan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan terlatih.

"Lembaga yang kami tunjuk sudah terlatih SDM-nya. Semua layanan tanpa biaya," tegasnya.

Baca Lainnya