Kamis, 30 November 2017 14:52

Pelayanan Kanker Terpadu baru di 3 Rumah Sakit

Aher melakukan peninjauan Pusat Pelayanan Kanker Terpadu di RSUD Al Ihsan Baleendah.
Aher melakukan peninjauan Pusat Pelayanan Kanker Terpadu di RSUD Al Ihsan Baleendah. [Limawaktu]

Limawaktu.id,– Baru tiga Rumah Sakit di Bandung Raya yang melakukan pelayanan kanker terpadu, yakni Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Rumah Sakit Santosa dan RSUD Al Ihsan.

"Saya berharap keberadaan pelayanan kanker terpadu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), saat peresmian Pusat Pelayanan Kanker Terpadu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan di Baleendah Kabupaten Bandung, Kamis (30/11).

Aher mengatakan, dengan adanya kehadiran rumah sakit ini semoga bisa lebih memudahkan dan mempercepat pengobatan masyarakat yang terkena penyakit kanker. "Saat ini RSUD Al Ihsan milik Pemprov Jabar sudah melengkapi pelayanan kanker terpadu. Bagi masyarakat yang terkena kanker lebih memungkinkan pelayanan lebih cepat," kata Aher usai lakukan peninjauan lokasi Pusat Pelayanan Kanker Terpadu.

Aher pun menjelaskan, dengan kapasitas gedung pusat pelayanan yang besar maka diharapkan bisa melayani masyarakat dan bisa menyelesaikan permasalahan penderita kanker. Khususnya mereka dengan kondisi kanker masih stadium satu atau dua.

Selain itu, kata Aher, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan penyadaran bersifat promotif dan preventif kepada masyarakat untuk menghindari penyakit kanker. "Makanan dan minuman yang sehat, tidak merokok, PHBS, kemudian mendeteksi air jangan sampai masuk ke perut, toilet sehat dan sayuran sehat yang tidak mengandung pestisida serta sekolah sehat," paparnya. (lie)