Jumat, 30 Oktober 2020 15:55

Pelancong ke Cimahi Dicegat di Tol Baros Pakai Rapid Test

Penulis : Fery Bangkit 
 rapid test yang dilaksanakan di pintu keluar Tol Baros I dan Cimahi Mall pada Jumat.
rapid test yang dilaksanakan di pintu keluar Tol Baros I dan Cimahi Mall pada Jumat. [Foto Istimewa]

Cimahi - Pemkot Cimahi berharap libur panjang yang sedang berlangsung tak menjadikan sumber penularan baru Covid-19 atau virus korona. Khususnya dari warga dari luar wilayah yang datang ke Kota Cimahi.

Untuk mencegah penularan dari warga yang datang, Pemkot Cimahi melalui Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Cimahi melakukan rapid test di pintu keluar Tol Baros I dan Cimahi Mall pada Jumat (30/10/2020).

Berdasarkan pantauan, kendaraan plat nomor dari luar daerah dihentikan petugas. Mereka langsung diarahkan ke petugas kesehatan untuk dilakukan rapid test tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Ini kan untuk memutus rantai Covid-19. Kami periksa rapid test gratis untuk pelancong yang datang ke Kota Cimahi," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Maria Fitriana saat ditemui disela-sela pemeriksaan.

Dikatakan Pipit, sapaan Maria Fitriana, sasaran prioritas rapid test gratis saat libur panjang ini adalah warga yang datang dari luar daerah. Khususnya yang datang dari zona bahaya penularan Covid-19.

"Tadi terpantau yang kita periksa dari Jakarta, Bogor. Ada juga dari Tasik. Mereka terlihat antusias," ujar Pipit.

Ia mengimbau semua masyarakat, termasuk yang datang ke Kota Cimahi agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Dari mulai mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjaga imun tubuh.

"Saat ini kan Cimahi masih zona oranye. Mudah-mudahan gak bertambah setelah libur panjang," imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi menambahkan, dalam rapid tes untuk pendatang ini pihaknya menargetkan hingga 500 orang bisa ikut melakukan rapid test. Hasilnya akan diinformasikan langsung kepada warga melalui ponsel.

"Kalau reaktif dan pendatangnya masih di Cimahi harus swab tes di Puskemas. Kalau sudah gak di Cimahi, swabnya di daerah masihng-masing," jelasnya.

Baca Lainnya