Kamis, 11 Agustus 2022 17:21

Pelajar SLTA di Cimahi Diberikan Wawasan Penggunaan Aplikasi Sidakep Tri

Reporter : Bubun Munawar
Sosialisasi Aplikasi Sidakep Tri E Mobile, di Aula Gedung A Pemkot Cimahi.
Disnaker Kota Cimahi melakukan Sosialisasi e-skill up pada aplikasi sidakeptri mobile, di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Kamis (11/8/2022). [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Tidak sebandingnya jumlah angkatan kerja dengan lowongan kerja yang ada, menjadi salah satu penyebab timbulnya angka pengangguran di Kota Cimahi. Tak hanya itu, permasalahan yang ada saat ini terutama terkait dengan perbandingan kompetensi kerja dengan lowongan kerja yang ada.

“Itu yang menjadi satu permasalahan dan menjadi suatu kondisi dimana angka  pengangguran kita meningkat,” terang Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Teja Dahliawati, usai ,Sosialisasi e-skill up pada aplikasi sidakeptri mobile, di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Kamis (11/8/2022).

Menurutnya, Aplikasi Sidakep Tri hadir  ntuk menjawab terkait dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh para pencari kerja.

“Kita lakukan sosialisasi dan pelatihannya melalui online, kenapa kita harus melalui online Karena sejujurnya dengan anggaran yang sangat terbatas dari kota di Dinas Tenaga Kerja kami hanya kita melaksanakan pelatihan secara konvensional sebanyak 250 orang saja, sehingga dirasakan kurang maksimal,” jelasnya.

Dikatakannya, melalui pelatihan berbasis online yang bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPK) untuk memberikan sertifikasi kepada para pencari kerja yang mengikuti pelatihan aplikasi Sidakep Tri ini.

“Kita optimis dengan cara online ini akan mampu menjangkau peserta lebih banyak karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, 312 RW di Kota Cimahi juga sudah memiliki sarana Wifi gratis, “ katanya.

Pihaknya berharap, para lulusan pelatihan online ini akan dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau industri untuk bisa menerima mereka yang dilatih, Karena LPK yang bekerjasama dengan Disnaker  itu sudah memiliki link dengan para perusahaan atau industri yang ada di kota Cimahi.

“Ini menjadi konsep yang luar biasa karena didalamnya melibatkan juga perusahaan melibatkan LPK yang juga dan tentunya Pemerintah Kota Cimahi dan para pencari kerja,” bebernya.

Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi (Sidakeptri). Aplikasi ini merupakan perwujudan dari pengelolaan dan pengembangan sistem ketenagakerjaan dalam bentuk sarana pelayanan secara online, yang melibatkan kelima pilar ketenagakerjaan.

Selain itu, Sidapektri merupakan transformasi pengembangan dari aplikasi Sistem Link And Match (Silima) yang sudah ada. Keduanya bertautan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam informasi mengenai ketenagakerjaan.

Kafisnaker Kota Cimahi Yanuar Taufik menyebutkan,  salah satu misi Kota Cimahi yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas kesempatan kerja. Sasaran penyelenggaraan pembinaan ketenagakerjaan terutama meningkatkan jumlah tenaga kerja yang produktif dan berkualitas, dalam hubungan kerja yang harmonis dan saling menguntungkan.

 "Apalagi Kota Cimahi termasuk kota yang memiliki angka TPAK (Tingkat Pertumbuhan Angkatan Kerja) yang sangat besar, dapat menjadi modal atau potensi untuk menciptakan pertumbuhan yang tinggi, sesuai dengan arah prediksi dari bonus demografi,” ujarnya.

“Para pencari kerja, perusahaan yang membutuhkan karyawan, lembaga pelatihan ketenagakerjaan, para alumni LPK, dan bursa kerja khusus dapat secara online memanfaatkan fasilitasi kami, melalui akses ke website www.disnaker.cimahikota.go.id, agar selalu dapat update  informasi peluang kerja yang selalu up to date," ungkapnya.

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer