Minggu, 17 September 2023 0:26

Pekan Kebudayaan Daerah Kota Cimahi jadi Media Ekspresi Para Seniman

Penulis : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora ) Kota Cimahi menggelar Pekan Kebudayaan Daerah sebagai media bagi para pelaku seni dan budaya untuk mengekpresikan kemampuannya dalam mendukung pengembangan sepuluh obyek kebudayaan, yang digelar di Halaman Gedung Cimahi Technopark, pada Sabtu (16/9/2023).

Penjabat (Pj)  Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Ahmad Nuryana menyebutkan, Pekan Kebudayaan Daerah ini menampilkan atraksi berbagai jenis kesenian dan kebudayaan yang ada di Kota Cimahi.

Menurutnya,   Pekan Kebudayaan Daerah dilaksanakan untuk menciptakan kelestarian pengembangan, kemajuan, dan kemanfaatan kebudayaan, dan berkumpulnya para komunitas seni yang ada d kota Cimahi.

Dia menyebutkan, beberapa jenis kesenian ditampilkan dalam Pekan Kebudayaan Derah kaili ini. Diantaranya adalah olahraga tradisional, pengembangan teknologi tradisional,di kampung Cireundeu produk singkong yang menjadi nasi,ada juga kesenian ketuk tilu dan sebagainya.

“ Kedepan kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan durasi yang lebih lama, lebih berkualitas dan kuantitas," sebutnya.

Pekan Kebudayaan Daerah jadi sebuah  media bagi para pelaku seni budaya yang ada d kota Cimahi untuk mengekpresikan kemampuan keseniannya. Kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah akan di laksanakan setiap tahun, dia berharap pekan Kebudayaan daerah menjadi daya tarik wisata,bisa menghidupkan  berbagai aspek, menghidupkan ekonomi, UMKM dan menjadi sirkuler ekonomi.

Dia berharap, Pekan Kebudayaan Daerah selain menampilkan seni budaya, juga  bisa memberikan edukasi kepada masyarakat hususnya untuk kaum milenial anak-anak muda supaya lebih mencintai kebudayaan.

Baca Lainnya