Sabtu, 18 April 2020 21:27

Pekan Depan PSBB, Berikut Titik Check Point di Cimahi

Akses Menuju Gerbang Tol Baros I Kota Cimahi yang Menjadi Salah Satu Titik Check Point PSBB
Akses Menuju Gerbang Tol Baros I Kota Cimahi yang Menjadi Salah Satu Titik Check Point PSBB [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Pemkot Cimahi sudah menyiapkan sejumlah skema penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang rencananya akan dimulai 22 April mendatang. PSBB parsial itu akan berlaku selama 14 hari untuk memutus penularan Corona Virus Disease (Covid-19).

Ada sejumlah instansi terkait yang dilibatkan, dari mulai kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi.

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna mengatakan, dalam penerapan PSBB parsial pekan depan, nantinya akan ada penyekatan dan check point di sejumlah ruas jalan serta perbatasan Kota Cimahi. 

"Fungsi pos dan check point itu untuk pengontrolan dan pengecekan keluar masuk kendaraan. Misalnya apakah mobil diisi 50 persen dari kapasitas atau tidak," jelas Ajay saat ditemui di kediamannya, Sabtu (18/4/2020).

Kemudian khusus pengendara sepeda motor juga akan diperiksa. "Kalau berboncengan dan KTP tidak sama kemungkinan akan diturunkan. Angkutan online jelas tidak boleh mengangkut orang," tegasnya. 

Sementara untuk masyarakat yang tetap harus bekerja dengan posisi tempat kerjanya di luar Kota Cimahi, wajib membekali diri dengan KTP dan surat tugas dari masing-masing perusahaan. 

"Nanti akan dicek dan di setiap pos pengamanan akan didata masuk dan keluarnya jam berapa. Wajib punya surat izin tugas. Kalau masyarakat umum, dicek KTP dan didata," pungkasnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang menambahkan, nantinya semua kendaraan yang melintas akan dihentikan dan dicek dari mulai suhu tubuh, kelengkapan pelindung diri (masker) hingga physical distancing selama berkendara.

"Iya dihentikan. akan dibuat pos dan check point di sejumlah titik," ucap Endang.

Untuk tahap awal, kata dia, pihaknya hanya akan memberikan imbauan hingga teguran. Jika ternyata selama beberapa hari masih terdapat pelanggaran, pihaknya akan memberikan sanksi.

"Personel di setiap check point ada 6-10 orang," sebutnya.

Berikut Titik-titik Pengecekan PSBB di Kota Cimahi.

1. Gerbang Tol Baros 1 dan 2
2. Stasiun Cimahi
3. Kolonel Masturi
4. Persimpangan Cihanjuang.
5. Padasuka
6. Cibeureum (Kebon Kopi)
7. Kerkof
8. Nanjung
9. Melonng

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer